Perancangan Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan (Neural Networks) Untuk Pedeteksi Keaslian Uang Kertas

Selly Annisa, Zulkarnain Lubis, Ayu Najmita

Abstract


Uang kertas Rupiah didefenisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum terbuat dari kertas yang dikeluarkan Bank Indonesia. Uang kertas rupiah sangat berperan penting untuk transaksi keuangan. Pemalsuan Uang adalah upaya atau tindakan memalsukan mata uang dengan mencetak uang yang mirip dengan aslinya. Dengan adanya permasalahan tersebut dibuat suatu aplikasi pendeteksi keaslian uang dengan memanfaatkan pola ciri khusus keamanan uang. Ciri khusus keamanan uang ada berbagai macam salah satunya yaitu pola tanda air (watermark) dan invisible ink. Pola dari watermark dan invisible ink akan dirubah dari citra warna manjadi citra hitam putih. Algoritma backpropagation biasa digunakan untuk pengujian suatu pola. Aplikasi pada sistem ini memanfaatkan pola yang ada pada watermark dan invisible ink sebagai bahan input untuk dilatih dan dipelajari dengan metode algoritma backpropagation. Bobot hasil pelatihan pada backpropagation akan menjadi data yang akan dicocokkan pada pola data uang kertas yang akan diidentifikasi keasliannya. Hasil dari identifikasi keaslian uang pada apikasi ini yaitu sebuah pernyataan asli atau palsu serta dapat mengenal jenis uang kertas yang sedang dideteksi.

Keywords


Uang Kertas Rupiah, Pemalsuan Uang, Citra, Jaringan Saraf Tiruan, Algoritma Backpropagation

Full Text:

PDF

References


Ardi Hasiholan, 2013, Pengenalan Pola Pin Barcode Menggunakan Metode Backpropagation Dan Metode Perceptron. Skripsi : Usu

Muis, L. W., 2009, Identifikasi Pola Sinyal Menggunakan Teknik Neural Networks. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Putra, D., 2010, Pengolahan citra digital, Andi: Yogyakarta

Sutoyo, T., Mulyanto. E., Suhartono, V., Nurhayati, O.D. & Wijanarto, 2009, Teori Pengolahan Citra Digital. Andi : Yogyakarta.

T. Sutojo, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, 2011, Kecerdasan Buatan

Wuryandari, M. D and Afrianto, I., 2012, Perbandingan Metode Jaringan Syaraf tiruan Backpropagation dan Learning Vector Quantization Pada Pengenalan Wajah. Tugas Akhir. Bandung, Indonesia : Universitas Komputer Indonesia.

Yenny Agustina Tondang, 2014, Pengenalan Pola Citra Menggunakan Metode Corner Detection Dan Backpropagation. Skripsi: USU


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License