Perancangan Penggunan Panel Surya Kapasitas 200 WP On Grid System pada Rumah Tangga di Pedesaan

Selamat Meliala, Raihan Putri, Saifuddin Saifuddin, M. Sadli

Abstract


Pengembangan sumber daya  Renewable energi yang berasal dari alam semakin pesat digalakkan oleh pemerintah dengan program pemanfaatan komsumsi energi terbarukan hanya sebesar 15 %. Ada delapan  sumber Energi Terbarukan yang terus dikembangkan teknologi pemanfaatannya oleh pemerintah yaitu teknologi menggunakan bahan bakar, biomassa, panas bumi, Air, Angin, Matahari, gelombang laut dan pasang surut. Prediksi dari Dewan Energi Nasioanal (DEN) Indonesia akan mengalami krisis energi secara besar – besaran pada tahun 2050 sehingga diperlukan energi alternatif untuk melayani kebutuhan energi listrik untuk pemakaian mandiri secara khusus pada tiap - tiap rumah tangga.  Oleh karena itu panel surya sudah banyak dijual lebih murah dan terjangkau sehingga dengan berapa modul panel surya dengan cara diparalelkan ataupun diserikan dapat menaikan daya keluaran DC panel surya Watt Peak (WP) yang lebih tinggi. Banyak teknologi digunakan untuk meningkatkan penyerapan energi cahaya matahari serta efisiensinya  yaitu mendisain ulang untuk mendapatkan daya optimal dari panel surya dengan pengaturan tegangan keluaran DC. Oleh karena itu modul panel surya perlu dikontrol untuk mendapatkan tegangan keluaran DC yang stabil sebelum tegangan masuk ke rangkaian inverter dengan menggunakan blok rangkaian kontrol. Dalam hal ini untuk mengatur tegangan dapat digunakan salah satu kontroler PI. Dengan menggunakan Boost konverter dan Blok PI (Proportional Integral) kontrol dari simulink secara otomatis dapat dituning atau secara manual bisa dituning besaran untuk mendapatkan sinyal output DC yang stabil dengan mengatur konstanta dari proportional dan integral daripada Blok PI tersebut. Serta untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang penggunaan dari teknologi Renewable Energi menggunakan panel surya 200 WP untuk kebutuhan energi listrik mandiri dalam membangkit daya listrik AC pada rumah tangga di pedesaan. Dalam hasil pengujian On Grid System SHS mengunakan Simulink dari kondisi perubahan beban 20% sampai 100% jatuh tegangan yang tidak berarti, dan kondisi beban 100%  di mana THDV = 0,13% dan THDI = 0,13% sehingga kerusakan gelombang  sinusoidal masih jauh  di bawah standar IEEE 519-1992.


Full Text:

PDF

References


Bayu, Y., Agus, S dan Yuana, S. 2016, Aplikasi Kontrol PI (Proportional Integral) pada katup Ekspansi Mesin Pedingin, Rona Teknik Pertanian, 89 – 105.

Sandro, P., Ch., Rangkuti, 2016, Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Secara Mandiri Untuk Rumah Tinggal, 1 – 7.

Humaid, T., H., Susatyo, H. & Darjat., 2016, Simulasi Panel Surya Terintegrasi Grid Menggunakan Kerangka Referensi Sinkron, Transient, 5(4), 527 - 535, Desember.

Wahyudi., Iwan, S dan Eduward, T., 2010. Tuning Parameter Kontrol Proportional-Integral Menggunakan Sugeno Fuzzy Inference System, Transmisi, 197 – 102.

Fitria, S., Annisa, F., 2018, Kendali P, PI, dan PID Analog Pada Pengaturan Kecepatan Motor DC Dengan Penalaan Ziegler-Nichols, JREC, 6(1), 65 – 80.

Meliala, S., Saifuddin, Rosdina, 2019. Drying Design Model for Dried-Anchovy Using Solar Collector And Solar Cell Panel Position Control, IJRTE 9, 1430 – 1435.

Saifudin, S. Meliala, Rosdiana, A. Wahyuddin, Ikramuddin, 2019, Solar Cell Position Control Bulding Using Micro controller Optimizing Power Sunway in the Coffe Drying Application, IJRTE 9, 1490 – 1496.

Meliala, S. 2020, Implemetasi On Grid Inverter Pada Instalasi Rumah Tangga Untuk Masyarakat Pedesaan Dalam Rangka Antispasi Krisis Energi Listrik, Litek, 17(2)

Saiful, K., Dwi, C., 2019, Analisa Penggunaan Solar Cell Pada Rumah Tinggal Untuk Keperluan Penerangan dan Beban Kecil, EEICT, 2(1), 22 – 32.

IEEE Recommended Practices and Requirement for Harmonics Control in Electrical Power System, IEEE Standard 519-1992, 1992


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License