Rancangan Prayer Floor Adjustable For Plane

Shalahuddin Al Ayubi Sitanggang, Luthfi Parinduri, Yusmartato Yusmartato, Hafiz Ferdian, Alfredo Alfredo, Agung Firmansyah Rian, Edi Sofian

Abstract


Kewajiban Salat fardu lima waktu merupakan bagian kehidupan setiap umat Islam. dapat dilakukan di rumah, di mesjid dan dilapangan terbuka. Dalam fiqih sholat terjadi khilafiah dalam pelaksanaan sholat, khusus bagi mereka yang sadang bermusyafir menggunakan pesawat terbang. Namun bagaimana perusahaan  penerbangan memfasilitasi pelaksanaan sholat  ketika seorang akan melaksanakan sholat dalam pesawat terbang. Ini merupakan tantangan bagi perusahaan penerbangan dalam memberikan pelayanan bagi konsumen muslim yang taat. Untuk itu perlu dibuat fasilitas tempat (lokasi) khusus untuk salat di pesawat sebagai solusi. Masalah berikutnya, bahwa salat wajib menghadap kiblat, sementara pesawat dalam perjalanan bergerak bisa berubah ubah arah. Untuk itu perlu dirancang tempat salat yang yang tetap pada posisi menghadap kiblat meski arah pesawat berbelok kekiri maupun kekanan. Rancangan tersebut diberi nama “Prayer Floor Adjustable For Plane”. Saudian Airline menyediakan ruang sholat di pesawat tetapi dengan lantai  statis, dimana arah kiblatnya akan berubah sesuai arah pesawat bergerak. Rancangan Prayer Floor Adjustable For Plane memungkinkan lantai sholat bergerak menyesuaikan tetap pada posisi menghadap kiblat . Perancangan ini didukung teknologi mekanotrika dan teknologi sensor GNSS (Global Navigation Satellite System). Mikrokontroler Programmable Logic Controller (PLC) memberi perintah ke motor listrik untuk memutar lantai salat sesuai dengan arah kiblat.


Keywords


Fiqih Sholat; Kiblat; Prayer Floor; Mekanotrika; PLC

Full Text:

PDF

References


. Abidin, H.Z. 2007,Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

. Ahmad Sarwat, Lc. MA , 2018, Shalat di Kendaraan, Cetakan Pertama, Penerbit Rumah Fiqih Publishing , Jakarta Selatan, (http://eprints.radenfatah.ac.id).

. Ayesha Ayu Agustien , 2016, Ruang Salat Pesawat - Maskapai Ini Sediakan Ruang Ibadah, Travelers Muslim Bisa Sujud di Atas Awan, (https://travel.tribunnews.com).

. Fachrizal Wicaksono, 2021, Mushola Terbang di Pesawat Arab Saudi. https://archipelagoinsider.com).

. Izzudin, A, 2012. Metode Penentuan Arah Kiblat dan Akurasinya. Annual International Conference on Islamic Studies XII IAIN Sunan Ampel. Surabaya.

. Muhammad Hafil, 2010, Hukum Sholat di Pesawat Saat Terbang, Islam Digest, Harian Umum Republika, Jakarta

(https://www.republika.co.id).

. Nurul Wakia dan Sabriadi Hr, 2020, Meretas Problematika Arah KiblatTerkait Salat Di Atas Kendaraan, Elfalaky: Jurnal Of Islamic ScienceVol. 4. Nomor 2. Tahun 2020 M / 1441 H, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar.

. http://webcache.googleusercontent.com/).

. Puri Yuanita, 2017,Kisah 'Mushola Terbang' di Pesawat Umroh Arab Saudi, (https://travel.dream.co.id )

. Puri Yuanita, 2017, Masya Allah, Kerennya Ruang Sholat di Pesawat Saudi,, https://travel.dream.co.id).

. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor: PM 38 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Udara Dalam Negeri, (http://hubud.dephub.go.id).

. Wahyu Setyo Widodo, 2016, Alhamdulillah, Traveler Bisa Salat di Ruang Khusus Dalam Pesawat Arab Saudi, Travel News, (https://travel.detik.com).

. Wajdino Arfa Rajawidad, 2020, Perencanaan Terminal Khusus Penumpang Umrah Bandara Internasional Juanda,, Departemen Teknik Sipil , Fakultas Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

. ……….,, 2016, Saudi Airlines Has a Onboard Prayer Area, (https://www.elmens.com).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License