Perancangan Terbaru Alat Pemberi Informasi Arah Kiblat digunakan untuk Penyandang Tunanetra

Zulkarnain Lubis

Abstract


Journal ini merupakan hasil penelitian pembuatan alat bantu bagi penyandang tuna netra .Dirancang dengan menggunakan Arduino Uno  sebagai alat kontrol utamanya  dan Adapun tujuan dari journal ini adalah menuangkan hasil data data penelitian dari sebuah alat model baru yang diberi judul tulisannya dengan nama “Alat Pemberi Informasi Arah Kiblat Bagi Penyandang Tunanetra Dengan Menggunakan Sensor Suara” . Tulisan ini juga berguna agar alat yang di buat tidak terjadi suatu kesalahan dalam perancangan dan pembuatan alat .Agar alat tersebut beroperasi sebagaimana mestinya alat tersebut bekerja sesuai dengan yang telah terfikirkan dan yang telah di rancang sebelum membuat tulisan ini. Cara kerja alat ini mudah dan simple dengan menggunakan pulse width modulation dan fasilitas Android , para penyandang tunanetra hanya menekan tombol on off yang di wakilkan pada warna biru dan terletak pada samping kanan kotak   yang telah ada, dan untuk ngatur arah kiblatnya kita hanya menekan tombol merah yang berada pada atas kotak alat yang di wakil


Keywords


Informasi; Arah Kiblat; Arduino Uno; Tunanetra

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, A. and Hidyatama, O., 2013, Mechanism and technique of friction control by applying electric voltage. (II) Effects of applied voltage on friction, Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu, 4(4), p. 102.

Dan, J. P., 2016. Arkeologi, P., Pendidikan, K. and Kebudayaan, D. A. N., Jurnal penelitian dan pengembangan arkeologi’, Issn 0216-4418, 36(1), pp. 1–68.

http://etheses.uin malang.ac.id/614/6/ 10410011%20Bab%202.pdf

Pratama, R. A. and Kardian, A. R., 2012, Sensor Parkir Mobil Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Dengan Bantuan Mini Kamera, 11, pp. 1–6.

Wijayanto, D. (2015) ‘“Implementasi Sistem Pemanggil Antrian Dengan Tampilan Seven Segment Berbasis Mikrokontroler Pada Pt Pln Sukoharjo’, e-Proceeding of Applied Science, 1(1), pp. 847–853.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License