Rancang Bangun Alat Pembasmi Hama Bebas Insektisida Berbasis Arduino UNO

Akhiruddin Akhiruddin

Abstract


Teknologi diterapkan untuk mempermudah dan menyederhanakan setiap sarana yangdiperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Secara tidak langsung teknologi telahmengurangi kebutuhan manusia dalam beberapa aktivitas rutin yang biasa dilakukan.Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan penerapannya dalam semua bidangdapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi manusia, salah satunyapada hama sawah. Indonesia merupakan negara agraris dengan mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah sebagai petani. Padi merupakan hasil pertanian yang utama karena merupakan bahan pokok makanan masyarakat Indonesia bahkan dunia.Akan tetapi, tidak setiap musim panen padi sesuai dengan harapan para petani. Hal ini diakibatkan banyak faktor, salah satunya akibat serangan hama padi yang merusak tanaman padi. Hama yang merupakan musuh utama para petani salah satunya adalah wereng. Kondisi saat ini para petani masih mengandalkan insektisida untuk membasmi hama wereng. Insektisida adalah zat kimia yang sangat berbahaya dan racun bagi manusia, hewan dan akan membahayakan bagi lingkungan sekitar apabila penggunan insektisida tersebut tidak sesuai dengan prosedur yang tepat. Wereng ternyata memiliki sifat tertarik terhadap cahaya khususnya cahaya lampu, dengan memanfaatkan sifat dari wereng tersebut maka terciptanya alat pembasmi hama wereng bebas insektisida berbasis arduino uno dengan menggunakan panel surya. Alat pembasmi hama wereng bebas insektisida ini menggunakan sistem sengatan untuk mengeksekusi wereng dan menggunakan lampu LED untuk menarik perhatian wereng


Full Text:

PDF

References


Anonim. Cara Kerja Solar Charge Controller. http://www.panelsurya.com/index.php/id/charge-controller/cara-kerja-solar-controller. Diakses pada 26 Juli 2020

Anonim. Pengisian Charging Baterai Aki. http://www.panelsurya.com/index.php/id/batere/charge-and-discharge. Diakses pada 26 Juli 2020.

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan. 2012. Wereng Batang Coklat, Hama Padi yang Sulit Dibasmi. http://blh.grobogan.go.id/ artikel /225-wereng-batang-coklat-hama-padiyang-sulit-dibasmi.html. Diakses pada 27 Juni 2020.

Baehaki. 2009. Hama Wereng dan Cara Pengendaliannya Pada Tanaman Padi. http://www.litbang.pertanian.go.id/special/padi/bbpadi_2009_itp_13.pdf. Diunduh pada 1 Agustus 2020.

Perkasa, Rajawali. 2020. Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana. https://www.solarcellsurya.com/cara-kerja-panel-surya/. Diakses pada 2 Agustus 2020.

Pinandita, Satria. 2009. Racang Bangun Alat Penangkap Hama Wereng Berdasarkan Pengaruh Warna Cahaya Led. http://eprints.dinus.ac.id/8075/1/jurnal_13144.pdf. Diunduh pada 4 Agustus 2020.

Sofwan, Sukip. 2013. Lampu Perangkap Sebagai Pengendali Hama wereng dan penggerek batang. http://sukipbinsofwan.blogspot.com/2013/10/lampuperangkap-lighttrap monitoring.html. Diakses pada 4 Agustus 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License