Pemanfaatan Aliran Air Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Picohidro (PLTPH) Di Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Yusmartato Yusmartato, Zulfadli Pelawi, Yusniati Yusniati, Fauzi Fauzi, Shalahuddin Alayubi Sitanggang

Abstract


Disaat sumber energi lain mulai menipis dan memberikan dampak negatif, maka air menjadi sumber yang sangat penting karena dapat dijadikan sumber energi pembangkit listrik yang murah dan tidak menimbulkan polusi. Pembangkit tenaga listrik Picohidro pada dasarnya memanfaatkan beda ketinggian serta jumlah debit air per detik yang ada pada aliran air irigasi, sungai atau air terjun. Kemudian energi ini dihubungkan dengan generator listrik yang nantinya akan menghasilkan energi listrik. Menurut Robert, keunggulan teknologi PLTPH adalah cocok digunakan di daerah terpencil. Piko Hidro hanya butuh ketinggian air 1-3 meter dan debit 30 liter per detik. Jadi cocok digunakan di daerah terpencil. Selain itu biaya investasinya pun tergolong murah sekitar Rp 30 juta per unit dengan biaya pemeliharaan yang minimum dan tidak memerlukan biaya bahan bakar. Piko Hidro ini pun mudah dirakit dan dioperasikan serta bisa beroperasi selama 24 jam sesuai dengan debit air. Teknologi ini membuatnya cocok untuk diterapkan di daerah terpencil yang memiliki debit air yang sesuai.


Keywords


Aliran Air; Pembangkit Listrik; Energi; Tenaga Picohidro

Full Text:

PDF

References


H.fazh Nurdin Eka Nugraha, Waluyo Waluyo, Syahrial Syahrial, Penerapan dan Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro Dengan Turbin Propeller Open Flume Tc 60 Dan Generator Sinkron Satu Fasa 100 VA di UPI Bandung,

Kusdiana, D. 2008. Pedoman Teknis Standardisasi Peralatan dan Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Jakarta: Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Modul Pelatihan, Keuangan Berkelanjutan & Pembiayaan Energi Bersih, Untuk Lembaga Jasa Keuangan, Pembiayaan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro, Otoritas Jasa keuangan, LPEM FEB UI, Jakarta

Marsudi, Djiteng. 2005. Pembangkit Energi Listrik, Jakarta: Erlangga.

N. Nadzir, 2018, Pemanfaatan Aliran Air Terasering Sebagai Sumber Energi Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro di Desa Kadongdong Kabupaten Garut Jawa Barat, J. Rekayasa Elektro Sriwij., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.

Sulistiyono, A. Sugiri, and A. Y. E. R., 2013, Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Di Sungai Cikawat Desa Talang Mulia Kecamatan, J. FEMA, vol. 1, no. 1, pp. 48–54, 2013.

T. Haryani, W. Wardoyo, and A. Hidayat, 2015, Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Di Saluran Irigasi Mataram, J. Hidroteknik, vol. 1, no. 2, p. 75, doi: 10.12962/jh.v1i2.1672.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License