Perbandingan Nilai Distorsi Harmonisa pada Tiga Buah Laptop yang Berbeda

M. Fadlan Siregar, Jhoni Hidayat, Syamsul Bahri

Abstract


Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor AC yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Laptop merupakan salah satu perangkat elektronika penghasil harmonisa, harmonisa yang timbul dapat menyebabkan gelombang arus yang sinusoidal menjadi terdistorsi atau tidak sinusiodal. Harmonisa adalah gelombang yang terdistorsi secara periodik yang terjadi pada gelombang tegangan, arus, atau daya terdiri dari gelombang-gelombang sinus yang frekuensinya merupakan kelipatan bulat  frekuensi sumber. Efek dari harmonisa yang ditimbulkan dapat menyebabkan panas yang berlebih pada perangkat elektronika yang dimilikinya,  dari pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan tiga jenis beban (laptop) dengan merek berbeda pada laptop tersebut, harmonisa yang dihasilkan oleh laptop tidak sesuai dengan standarat IEC, dengan harmonisa yang dihasilkannya berbeda–beda, dimana THD mencapai 175 % dengan THDi yang beragam.


Full Text:

PDF

References


Arrilaga, Jos and Watson Neville. 2004, Power system Harmonic. Second Edition John Wiley & Sons, Ltd ISBN:0-470-85129-5.

Chang, G. W., Chu, S. Y., dan Wang, H. L., 2002, A New Approach For Placement Of Single-Tuned Passive Harmonic Filters In A Power System, IEEE Power Engineering Society Summer Meeting, vol. 2, pp. 814-817.

D.A. Gonzalez and J.C. Mac Call. 1987. Design of filter to reduce harmonic distortion in industrial power systems. IEEE Trans. Ind. Applicat. 1A-23 : 504-511.

Haroon Farooq, Chengke Zhou, Malcolm Allan, Mohamed Emad Farrag, R.A. Khan, M. Junaid. 2011, Investigating the Power Quality of an Electrical Distribution System Stressed by Non-Linear Domestic Appliances. International Conference on Renewable Energies and Power Quality [ICREPQ’11] Las Palmas de Gran Canaria (Spain). [13th - 15th April.

Rice David. E., 1986, Adjustable Speed Drive and Power Rectifier Harmonic Their Effect on Power Systems Component. IEEE Trans. Ind. Applicat. 1A-22 : 161-177.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License