Perancangan dan Pembuatan Inverter Satu Fasa Tegangan Keluaran Gelombang Kotak 220V, 50 Hz Daya 660 VA

Suwitno Suwitno, Antonius Raja Gukguk, Edy Ervianto, Eddy Hamdani

Abstract


Inverter adalah sumber catu daya listrik arus bolak balik yang diperoleh dari hasil pencincangan sumber arus searah, disisi keluaran mengandung harmonisa, akibatnya kemampuan kapasitas daya yang dirancang menurun. Untuk mengoptimalkan kapasitas daya dalam rancangan yang memenuhi spesifikasi 660 volt ampere, maka pada saat merancang kapasitas daya yang diinginkan  daya fundamental ditambahkan dengan daya yang diakibatkan oleh harmonisa.. Penentuan parameter komponen perancangan catu daya yang dirancangan menggunakan kapasitas daya fundamental dan akibat harmonisa sebesar 886,528 volt ampere, maka dipilihn alat untuk proses switching transistor daya TIP 3055. Proses pencincangan sinyal menggunakan pembangkit osilator astable dengan frekuensi 50 Hz. Sinyal dari pembangkit pulsa astable belum mampu untuk mendriver transistor daya, sehingga diperlukan driver menggunakan BD 438 dan TIP 41. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan daya yang rancang mampu melayani  sesuai beban  nominalnya, dan regulasi tegangan keluaran arus bolak balik yang dihasilkan 9,62 %. Dari hasil pengujian tersebut peralatan yang dirancang dinyatakan valid, maksudnya hasil rancangan dan pembuatan peralatan inverter  masih memenuhi sesuai spesifikasi jatuh tegangan ≤ 10%.


Keywords


Inverter; Harmonisa; Regulasi Tegangan; Jatuh Tegangan

Full Text:

PDF

References


. Agus Jiwantoro, Bambang Dwi Argo, W. A. N. (n.d.). 2021, Analisis Efektivitas Mesin Penggiling Tebu Dengan Penerapan Total Productive. 1(2), 18–28. Karyadi, Suryono,” Rancang Bangun Inverter Satu Fasa Menggunakan IC SG 3525, Edu Elektrika Journal Vol. 10 No. 1 Januari – Juli 2021, P-ISSN 2252-7095.

. Ray Mundus, Kho Hie Khwee, Ayong Hiendro, 2019, Rancang Bangun Inverter Dengan Menggunakan Sumber Baterai DC 12V, Jurnal S1 T. Elektro UNTAN,Vol 2,No 1

. Didi Istardi, Agus Wirabowo, 2017, Rancang Bangun Square Wave Full-Bridge Inverter Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Mikro, Jurnal Manutech, Vol. 9, No. 1, Juni.

. Yustinus Andrianus Sinaga, Ahmad Saudi Samosir, Abdul Haris, Rancang Bangun Inverter 1 Phasa dengan Kontrol Pembangkit Pulse Width Modulation (PWM), ELECTRICIAN–Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro,Vol. 11, No. 2, Mei 2017

. Muhammad H. Rashid, 1993, Power Electroniccs, Printice Hall International, Second edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License