Pemeliharaan Motor Induksi 3 Fasa Tegangan 380 V Pada GT 2.1 di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Belawan

Hervan Fernando Sitorus, Armansyah Armansyah, R. Harahap

Abstract


Waktu yang ditetapkan untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah 25 Januari 2022 – 25 Februari 2022, yang telah dilaksanakan di PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Belawan pada bagian Har Listrik PLTGU Belawan yang beralamat di Jl. P. Sicanang No. 1 Belawan, Medan. Pada laporan kerja praktek ini, penulis melakukan perawatan bentuk preventive maintenance, predictive maintenance, dan corrective maintenance pada Pemeliharaan Motor Induksi 3 Fasa.Dimana perawatan motor induksi 3 fasa merupakan salah satu equipment atau peralatan yang banyak digunakan untuk menunjang berbagai proses tersebut. Biasanya motor induksi digunakan sebagai pemutar pompa, blower, atau juga compressor. Pemeliharaan atau maintenance adalah kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu aset dan memperbaikinya agar selalu dalam keadaan siap pakai untuk melaksanakan prduktivitas secara efektif dan efisien sesuai dengan standar. Untuk meningkatkan performa pembangkit dalam PLTU, dan menjaga performa kerja dan pada sebuah motor perlu dilakukan maintenance secara rutin. Perawatan Motor listrik merupakan salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan realibility keandalan proses produksi dalam suatu industri. Dalam berbagai kegiatan industri yang tentunya penuhdengan proses-proses yang ada, motor listrik merupakan salah satu equipment atau peralatan yang banyak digunakan untuk menunjang berbagai proses tersebut. Pada industri-industri besar, motor listrik motor induksi menjadi penggerak utama untuk menggerakkan peralatanperalatan lainnya.


Keywords


Maintenance; Preventive; Predictive; Motor Listrik

Full Text:

PDF

References


. D. I. Wijaya et al., 2016, Power Plant, vol. 4, no. 2.

. A. Azis, 2019, Palembang, vol. 4, no. 2, pp. 332–344.

. D. I. PT, P. L. N.Persero

. M. C. C. da Cruz et al., 2020, Analisis Preventive Dan Corrective Maintenance Loading Arm Pada PT . Pertamina Tbbm Semarang,” Wahana Tek. SIPIL, vol. 19, no. 8, pp. 1–9.

. Zulfikar. 2018. Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi. Jounal of Electrical Technology.

. Zuhal, 1991. Dasar Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya. Jakarta: Gramedia.

. Pusdiklat, 2007, Materi Repair Motor Listrik, Cilegon : PT. Krakatau Steel

. Sumanto,1993. Motor Listrik Arus Bolakbalik. Yogyakarta: Andi Offset.

. Wijaya, Mochtar, 2001, Dasar Dasar Mesin Listrik, Jakarta: Djambatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License