Implementasi Algoritma Minimax Pada Permainan Checker Berbasis Artificial Intelligence

Mahrizal Masri, Iliyen Uari, Hermansyah Alam, M. Ilmi Zikri Firdaus

Abstract


Permainan (game)sering memanfaatkan kecerdasan buatan(Artificial Intelligence) untuk memberikan tantangan berupa kesempatan untuk melawan mesin yang memiliki tingkat intelektualitas tertentu dalam berpikir. AlgoritmaMinimax merupakan salah satu dalam bidang kecerdasan buatan yangdapat melakukan kalkulasi langkah dengan pertimbangan yang logis, berdasarkan aturan permainan yang digunakan, khususnya untuk permainan yang melibatkan dua pemain seperti permainan checker. Dalam penelitian ini, algoritma minimax akan diimplementasikan ke dalam permainan checkers, dalam bentuk sebuah computer AI yang dapat mengambil keputusan langkah secara otomatis pada saat permainan berlangsung. Hasil implementasi algoritma minimax kedalam permainan checker yang diteliti pada penelitian ini mampu menunjukkan bagaimana proses berfikir (self thinking) dari computer AI berdasarkan konfigurasi tingkat kesulitan yang dipilih oleh pengguna.


Full Text:

PDF

References


. Akbar, M.A (2011) Analisis Dan Implementasi Kecerdasan Buatan Pada Permainan Checker Menggunakan Algoritma Minimax Dengan Negascout, Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.

. Ayuni, Wulan, 2011, Implementasi Konsep Kecerdasan Buatan Dalam Rancang Bangun Game Brick Breaker, Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.

. Beny, 2010, Pengembangan Software Game Menggunakan RPG Maker VX, Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.

. Nuzulla, B. & Solichin, A., 2012. Implementasi Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing Dengan Optimasi Minimax Pada Permainan Tic Tac Toe Berbasis Android, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 65-73.

. Prasetyo, R.M.K. 2012, Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening Search, Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.

. Ramadhan, A. 2007, Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

. Rizky, S. 2011, Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

. Setiadi, D.R.I.M. 2012, Implementasi Algoritma Minimax Untuk Artificial Intelligence Pada Permainan Catur Sederhana, Techno.COM, Vol. 11 No.2, 99-107.

. Simamarmata, J. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Sutojo, T., Mulyanto, E., Suhartono, V., 2011, Kecerdasan Buatan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Toba, H. dan Kurniawan, B. 2008, Aplikasi Permainan Capsah Banting dengan Penerapan Algoritma Minimax, Jurnal Informatika, Vol. 4 No. 1, 12-27

. Zarlis, M & Handrizal, 2008, Algoritma dan Pemrograman : Teori dan Praktik Dalam Pascal, Edisi Kedua,USU Press, Medan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License