Pembuatan Alat Control Suhu Air di Dalam Bak Mandi Berbasis Arduino Uno

Armansyah Armansyah, R. Harahap, Rilvan Mook Zega

Abstract


Suhu ialah salah satu parameter yang sangat penting dalam kehidupan.Salah satunya alat yang menggunakan suhu sebagai parameter kerjanya ialah pemanas air. Pemanas air khususnya pemanas air elektrik semakin banyak kegunaannya dari tahun ke tahun, pemanas air elektrik dapat digunakan sebagai pemanas air untuk berendam, mandi, minum dan lain sebagainya. Berendam membuat tubuh manusia menjadi rileks dan lebih nyaman, terutama ketika setelah melakukan aktivitas maupun pada saat cuaca sedang dingin. Arduino uno adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu-ribu aplikasi dalam pengendalian yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Cocok untuk diimplementasikan pada sistem yang sederhana, kecil, tertanam pada mikrokontroller, pc multi-channel atau workstation berbasis akuisisi data dan kontrol sistem. Sensor suhu yang saya gunakan adalah sensor ds18b20 sehingga dapat menghasilkan suhu air sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Guna dari sensor ini ialah untuk mendeteksi suhu air yang ada di dalam bak mandi, yang akan kita atur suhunya. Rumusan masalah yang diambil adalah apakah alat ini dapat menjaga kestabilan suhu tersebut dengan baik. Metode perancangan alat dengan membuat hardware berupa rangkaian elektronik yang dapat berfungsi secara otomatis untuk mendeteksi suhu pemanasan air dan menjaga kestabilan suhu air didalam water heater secara otomatis pada suhu air yang diinginkan.


Keywords


Mikrokontroller; Arduino; Suhu Air; Heater

Full Text:

PDF

References


. Alam, S., Tony, H. And Darmawan, I.G.A, 2019. Rancang Bangun Sistem Penyiraman Otomatis Untuk Tanaman Berbasis Aruduino Dan Kelembaban Tanah. Jurnal kajian teknik elektro, 4(1), pp.44- 57.

. C. R. Hidayat and F. D. Syahrani, 1978, Sampah Menggunakan Sensor Pir Dan SensorDesign Of Control System On The Trash Using.

. Jaelani, I., Sompie, S. R., & Mamahit, D. J. 2015. Rancang Bangun Rumah Pintar Otomatis Berbasis Sensor Suhu, Sensor Cahaya, Dan Sensor Hujan. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(1), 1-10.

. LF.A.Caesar Pats Yahwe, Isnawaty, 2016, Rancang Bangun Prototype System Monitoring Kelembaban Tanah semanTIK, vol. Vol 2, no. 1,pp. 97–110, 2016.

. Putra, G., Nabila, A., & Pulungan, A. 2020. Power Supply Variabel Berbasis Arduino. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 139-143.

. S. Fina and I. Zendi, 2016, Perancangan Score Board dan Timer Menggunakan Led RGB Berbasis Arduino dengan Kendali Smarth Phone Android, SINERGI, vol. 19, no. 1, pp. 4–6.

. Setiawan, Sulhan, 2006. Mudah & Menyenangkan Belajar Mikrokontroler,

Jogyakarta : Andi, Chap : (1-4), pp (1-30).39.

. Septryanti, A., & Fitriyanti, F. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Kunci Pintu Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Menggunakan Smartphone Android. Computer Engineering, Science and System Journal, 2(2), 59-63.

. T. Elektro, 2017, Jurnal Teknologi Elektro , Universitas MercuBuana Rancang Bangun Sistem Pengairan Tanaman Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah, Vol.8,No. 2, Pp. 151–155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JET (Journal of Electrical Technology)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/index
Email : jet_electro@uisu.ac.id

Creative Commons License
JET (Journal of Electrical Technology) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License