EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Annisa Annisa, Febry Ichwan Butsi

Abstract


Komunikasi interpersonal guru dan siswa harus dilakukan secara sebaik mungkin baik pada saat proses pembelajaran maupun saat tidak melakukan proses pembelajaran. Minat belajar siswa sangat berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung, komunikasi yang efektif akan membuat siswa bersemangat dalam belajar. Dalam proses belajar mengajar matematika diperlukan komunikasi interpersonal guru yang baik, karena idealnya komunikasi yang baik antara guru dan siswa dapat meningkatkan minat belajar, karena siswa merasa diperhatikan oleh guru sehingga siswa akan terbuka untuk mengkomunikasikan kesulitannya dalam belajar. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah ialah Bagaimana Komunikasi Interpersonal Guru Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bidayatul Hidayah -4 Jalan. Pertahanan Dusun II No. 33 PatumbakPenelitian yang dilakukan oleh penulis ini menggunakan metodologi kualitatif. Metodologi penelitian ini menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sikap positif dari siswa dapat mempengaruhi kebiasaan belajar mereka secara positif, sehingga meningkatkan keterlibatan dan kesenangan dalam proses pembelajaran. Membangun lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan melalui kegiatan seperti diskusi, memotivasi siswa dengan penghargaan, dan membina sikap terbuka sangat penting dalam mendorong praktik belajar mengajar yang efektif.

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Shaleh, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam (Jakarta: PT. Prenada Media, 2004)

Agung M Hardjana, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, (Yogyakarta: KANISIUS, 2003)

Agus M. Hardjana. Komunikasi Intrarpersonal dan Komunikasi Interpersonal (Yogyakarta:Kanisius, 2003), hal.85 diakses (Nailul Husna LIBRIA, Vol. 9, No. 2, Desember 2017)

Alo Liliweri, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, (Jakarta: Prenada MediaGroup, 2011)

DeVito, Joseph, A, The Interpersonal Communication Book. (Jakarta:Professional Book, 1989)

Djoko Purwanto, Komunikasi Antar Pribadi, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2006)

Donni Juni Priansa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, (Bandung: CV Alfabeta, 2014)

Ihsana El Khuluqo. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pembelajaran

Joseph A Devito dalam Kaharjono, sunnora Meilisa. “Manajemen Komunikasi Bencana BPBD Kabupaten Magelang dalam Pengurangan Resiko Bencana Erupsi Gunung Merapi” Skripsi, Yogyakarta:Universitas Islam Indonesia, 2018

Lefudin, Belajar dan Pembelajaran, (Yogjakarta: CV Budi Utama, 2014)

Miles Huberman, (1992), Analisa Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia,

Mohammad Ali, Muhammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. ( Jakarta, Bumi Aksara, cet. Ke 9 2014)

Pradipta, Caesar Vioniken, and Endang Fatmawati. "Pengaruh konsep diri dalam komunikasi interpersonal pustakawan hubungannya terhadap kepuasan pemustaka di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Cirebon." Jurnal Ilmu Perpustakaan 1.1 (2012),

Purwanto, Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. (Yogyakarta, Pustaka Belajar 2007)

Purwanto, M. Agalim, Psikologi Pendidikan. (Bandung, PT Remaja Rosada Jkarya 2007)

Schunk, Dale H, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece. (2007). Motivation in Education, Theory, Research, and Applications. Ohio, New Jersey.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. (Jakarta, rineka cipta, 2013)

Stephen P.Robbins, Timothy A.Judge, Perilaku Organisasi Organizational Behavior, (Jakarta: Salemba Empat, 2008).

Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal, (Graha Ilmu: Yogyakarta, 2011).

Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal, (Graha Ilmu: Yogyakarta, 2011).

Usman Effendi dan Juhaya S Praja, Pengantar Psikologi, (Bandung: Angkasa, 1993).

W. S.Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996).

Wiet Aziz, Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura, di akses dari http://Azizher Witselalu.Blogspot.com/2012/11/Teori-Pembelajaran-Sosial- AlbertBandura.Html, Pada Tanggal 12 Maret 2020

Yudi, Analisis Perilaku Imitasi di Komunitas White Family Samarinda Setelah Menonton Tayangan Boyband/Girlband Korea di Kbs Channel, Jurnal: 2016 4(3): 166-180).




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v3i2.11652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.