POLA KOMUNIKASI KEPALA TOKO DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN TOKO MERAH PUTIH MEDAN

Nur Janah, Zakaria Siregar

Abstract


Loyalitas merupakan bentuk sikap yang diberikan karyawan untuk menunjukan suatu komitmen, kesetiaan dan keterikatan terhadap perusahaan tempatnya bekerja, Karyawan yang loyal cenderung melakukan yang terbaik terhadap pekerjaan dan kewajibannya, Komunikasi yang baik akan menciptakan lingkungan yang positif, Peran Lingkungan yang positif akan membawa hubungan yang saling menguntungkan kedua belah pihak diperusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi kepala toko dalam membentuk loyalitas karyawan di toko merah putih medan, dan menggunakan teori interdepedensi sosial untuk melihat bagaimana hubungan saling ketergantungan kepala toko dan karyawan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengaan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi setelah data lalu diolah lebih spesifik dengan cara mereduksi data yaitu memfokuskan dan menyusun data lalu membuat rangkuman dalam satuan analisis, setelah itu data disajikan dalam bentuk narasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan kepala toko adalah pola formal dan informal, dari pola komunikasi yang dibangun kepala toko menciptakan hubungan lingkungan yang positif , dari lingkungan yang positif menghasilkan komitmen dan kepuasan antara kepala toko dan karyawan.

Full Text:

PDF

References


Azmi, Nur. 2015. "Pola komunikasi pemimpin dalam meningkatkan loyalitas kerja karyawan BP (Brand Presenter) di PT.Budiman Subrata Niaga Pekanbaru". JOM FISIP, Vol. 2, No. 2, hlm. 9.

Hafni Sahir, Syafrida. 2022. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia, hlm. 6, 28.

Hanani, Silvia. 2017. Komunikasi Antarpribadi teori dan praktek. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, hlm. 21-23.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri publishing.

Juwita, Kristia, & Umi Khalimah. 2021. Konsep dasar membangun loyalitas karyawan jilid II. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, hlm. 10, 12, 13- 14.

Komalasari, Nilam. 2022. "Pola komunikasi pimpinan dalam meningkatkan loyalitas kerja karyawan di PT SENTOSA INDIKA BUNGA Semarang". Skripsi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, hlm. 81.

Kurniasih, Dewi, Rusfiana Yudi, Subagyo Agus, Nuradhawati Rira. 2021. Teknik Analisa. Bandung: Alfabeta Cv, hlm. 6.

Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi AntarPribadi. Jakarta: KENCANA, hlm. 65-72.

Madhiah. 2012. "Pola komunikasi pemimpin dalam membangun motivasi kerja pegawai kantor kelurahan wonorejo kota pekanabaru". Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi.

Marnis, Priyono. 2008. Manajemen sumber daya manusia. Surabaya: Zifatama Publisher, hlm. 223, 225, 228-230.

Priandikatama, Nugraisa. 2021. "Pola komunikasi atasan terhadap karyawan BLOG-Ku dalam membentuk loyalitas karyawan terhadap perusahaan". Skripsi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang, hlm. 60-61.

Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Kalimantan Selatan: Antasari Press, hlm. 85.

Rasyid. 2022. Metodologi Penelitian kualitatif dan kuantitatif. IAIN Kediri Press, hlm. 55.

Safitri, Rahmadana. 2015. "Pengaruh kompensasi terhadap loyalitas karyawan PT. Putera lautann kumala lines samarinda". Ejournal Administrasi Bisnis, hlm. 651, 652-653.

Sarmati. 2019. Komunikasi Interpersonal. Malang: CV IRDH, hlm. 1.

Subarsa, Safitri, Mukhtar. Strategi komunikasi dan Statistik Sosial. PT Rajagradindo Indonesia, hlm. 110.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, hlm. 4.

Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau, David O. Sears. 2009. Psikologi Sosial Edisi kedua belas. Jakarta: Prenadamedia Group, hlm. 11.

Widhhiastuti, Hardani. 2012. Membangun Loyalitas Sumber daya Manusia.

Semarang: Semarang University Press, hlm. 21, 14-15.

Wijaya, Ida Suryani. 2015. "Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi dalam organisasi". Jurnal Dakwah Tbaligh, Vol. 14, No. 1, hlm. 119.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v3i2.11655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.