NEGOSIASI DAN PENINGKATAN OMZET IKLAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN NEGOSIASI ACCOUNT EXECUTIVE TERHADAP PENINGKATAN OMZET IKLAN DI HARIAN METRO SIANTAR DI PEMATANGSIANTAR)

Nadra Ideyani Vita, Largo Roito Meilani

Abstract


Penelitian ini berjudul Negosiasi dan Peningkatan Omzet Iklan (Studi Deskriptif Tentang Peranan Negosiasi Account Executive terhadap Peningkatan Omzet Iklan di Harian Metro Siantar di Pematangsiantar). Perumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah negosiasi yang dilakukan account executive berperan dalam meningkatakan omzet iklan di Harian Metro Siantar?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi account executive dalam meningkatkan omzet iklan di Harian Metro Siantar, mengetahui peranan dan efektivitas negosasi di Harian Metro Siantar, dan mengetahui komunikasi account executive kepada konsumen/customer. Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response), di mana model ini yang menyatakan bahwa efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antar pesan dan reaksi komunikan. Adapun keterkaitan model teori S-O-R dengan judul penelitian ini adalah Stimulus yang dimaksud adalah pesan yang disampaikan dalam proses negosiasi yang dilakukan Account Executive, organisme yang dimaksud adalah pengertian atau persamaan makna antara konsumen dengan Account Executive Harian Metro Siantar, respon yang dimaksud adalah peningkatan atau penurunan omzet iklan di Harian Metro Siantar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Peneliti menggunakan teknik sampel purposif (purposive sampling), yaitu dalam pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut pautnya dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Di mana jumlah sampel yang diambil adalah jumlah keseluruhan dari populasi yaitu sebanyak 15 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (observasi, wawancara dan kuisioner), kemudian data yang diperoleh dari responden dianalisis dalam tabel tunggal yaitu dengan menganalisis tiap-tiap kategori dan pertanyaan. Analisis tabel tunggal merupakan analisis yang dilakukan dengan membagi variabel- variabel penelitian kedalam kategori-kategori yang ditentukan atas dasar tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa peningkatan omzet iklan di Harian Metro Siantar terjadi jika Account Executive menggunakan starategi- strategi yang tepat dan menggunakan komunikasi yang baik dalam melakukan negosiasi.

Full Text:

PDF

References


Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

Charles, W Lamb. 2005. Pemasaran Marketing. Salemba Empat, Jakarta

Cohen, Herb. 2003. Negosiasi Untuk Segala Situasi. Dahara Prize Semarang, Semarang Effendy,

Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung

Finch, Brian. 2001. 30 Minutes To Negotiate A Better Deal. PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Jefkins, Frank. 2000. Public Relations. Erlangga, Jakarta

Kirom, Bahrul. 2012. Mengukur Kinerja Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. Penerbit Pustaka Reka Cipta, Bandung

Kotler, Pilip. 1985. Prinsip-prinsip Pemasaran. PT. Grafindo, Jakarta

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Parktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana, Jakarta

McQuail, Denis. 1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga, Jakarta Meinanda. 1981. Pengantar Ilmu Komunikasi, Penerbit Armico, Bandung

Moekjat. 1989. Teori Organisasi. Kencana Putra, Jakarta

Moleong, Lexy J. 1990. Metodelogi Penelitian Kulaitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Panuju, Redi. 2010. Jago Lobi dan Negosiasi. Interprebook, Jakarta

Partao, Zainal Abidin M.M. 2006. Tekhnik Lobi dan Diplomasi untuk Insan Public Relations. Indeks Gramedia, Jakarta

Pattis, William S. 1993. Karier Bisnis Dalam Periklanan. Dahara Prize, Semarang Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis. Erlangga, Jakarta

. 2003. Komunikasi Bisnis. Erlangga, Jakarta

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Royan, Frans M. 2007. Creating Distribution Strategy. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Severin, Werner J and James W. Tankard, Jr. 2011. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES, Jakarta

Tarigan, Josep R dan M. Suparmoko. 1995. Metode Pengumpulan Data (Untuk Ilmu- Ilmu Sosial dan Ekonomi). BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta

Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Indeks, Jakarta

Wahdi, Mohamad. 2011. Keterampilan dan Strategi Komunikasi Bisnis. PT Buku Seru, Yogyakarta

Wasesa, Silih Agung. 2005. Strategi Public Relations. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v3i2.11656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.