EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DISBUDPAR PEMKO MEDAN MEMPERKENALKAN MASJID RAYA AL-OSMANI SEBAGAI DESTINASI WISATA RELIGI PADA MILENIAL

Ridwan Nasution, Sri Alfridayanti

Abstract


Artikel ini menyajikan hasil penelitian mengenai tingkat efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan dalam memperkenalkan Masjid Raya Al-Osmani sebagai destinnasi wisata religi kepada kelompok milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, data kepustakaan serta wawancara kepada informan utama yaitu  pengunjung yang termasuk dalam kelompok milenial dan informan pendukung Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Kota Medan, Kepala Sub Koordinator Bidang Cagar Budaya Kota Medan, dan Ketua Badan Kenaziran Masjid Raya Al-Osmani. Hasil penelitian terhadap efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan dalam memperkenalkan Masjid Raya Al-Osmani kepada kelompok milenial masih belum efektif dan masih harus ditingkatkan lagi dalam hal promosi serta pengadaan sarana dan prasarana. Hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang dilakukan dan observasi penelitian.


Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, Oemi. 1995. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Afifah, A. 2019. Menggali Efektivitas Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Kota Padang Melalui Instagram. Jurnal Pariwisata Pesona .

Ali, Hasanuddin. 2017. Millenial Nusantara. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata. Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta : Pradnya Paramita.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Chaliq. 2011. Wisata Religius. Yogyakarta : Ekosiana.

Damanik, Janianton. 2006. Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta : CV. Andi

Dwinanda, januariska Bayu. 2018. Efektivitas KomunikasiPemasaran Personal Selling pada Agrowisata Kampung 99 Pepohonan. Bogor : Fakultas Ekologi Manusia Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Teori Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

. 1995. Kamus Komunikasi. Bandung : Mandar Maju.

Fahilah, Nur Rizki. 2017. Efektivitas Komunikasi Pemasaran kampung Budaya Sindangbarangdi Desa Pasir Putih Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan.

Firmansyah, Anang. 2019. Komuniikasi Pemasaran. Pasuruan : Penerbit Qiara Media.

Handari, Nawawi dan Martini Handari. 1995. Instrumen penelitian bidang sosial. Yogyakarta : Gajah Mad University Press.

Moeleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Syahir. 2015. Efektivittas Pelaksanaan Finger Print di IAIN Raden Fatah Palembang. Palembang : Idea Press Yogyakarta.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Mulyana, Deddy. 1996. Komunikasi Jenaka. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Nazir, Moh. 1987. Efektivitas Dalam Pembinaan Masyarakat Industri, Makalah. Banda Aceh : MUI

Noor, Juliansyah. 2012. Metedologi Penelitian. Jakarta : Prenada Media Group.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : PT LKIS Pelangi Aksara.

Poerwodarminto, WJS. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

Salim, Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Cipta Pustaka Media.

Shihab. 2007. Pengantin Al-Qur’an. Jakarta : Lentera Hati.

Sunarjo, dkk. 1995. Himpunan Istilah Komunikasi. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.

Steers, Richard M. 1999. Efektivitas Organisasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suryono, Agus. 2004. Paket Wisata Ziarah Umat Islam. Semarang : Kerjasama Dinas pariwisata Jawa Tengah dan Stiepari Semarang.

Wardana, Kelvin Kusuma. 2021. Efektivitas Komunikasi Pemasaran Pemerintah Pada Objek Wisata Telaga Serangan Kabupaten Magetan. Bandung : Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

Wursanto. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Komunikas. Yogyakarta : CV. Andi Offsett

Yoeti, Oka A.1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Penerbit Angkasa.

--------- . 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.