Opini Mahasiswa FISIP USIU Terhadap Pelayanan Pembuatan e KTP di Disdukcapil Kotamadya Medan
Abstract
Penelitian ini akan menyajikan hasil penelitian tentang opini mahasiwa FISIP UISU terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Teori yang digunakan adalah Kinerja, Komunikasi Organisasi, dan Opini, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif yang merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Selanjutnya lokasi penelitian berada di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan alasan penulis memilih lokasi ini adalah karena penulis ingin mengetahui tentang kinerja, mekanisme dan prosedur dalam penerbitan E-KTP. Dalam penelitian ini kriteria yang akan dipakai adalah mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015 sampai 2017 yang telah memiliki E-KTP Kota Medan. Jumlah mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015-2017 adalah 125 orang. Dari hasil pra penelitian dari 125 orang mahasiswa FISIP UISU angkatan 2015-2017 hanya terdapat 17 orang mahasiswa yang telah memiliki E-KTP Kota Medan.Teknik pengumpulan data dalam metode ini meliputi metode Wawancara Terarah, Observasi, dan Kuesioner. Analisa data merupakan kegiatan setelah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif untuk menghasilkan kesimpulan penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk mendeskripsikan variable, yaitu variabel kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukan opini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2015-2017 terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan secara umum menghasilkan opini yang sangat baik terutama di dalam proses komunikasi. Terdapat Opini mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan 2015-2017 terhadap kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan yang kurang baik dalam perilaku kinerja dan work performance.Tingkat kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dalam pembuatan E-KTP dalam taraf cukup memuaskan dikarenakan hasil dari opini mahasiswa mayoritas memberikan jawaban yang baik.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrachman Oemi. 1993. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT Citra Aditya Bakti
Djoenasih S. Sunarjo.1984. Opini Publik. Yogyakarta : Liberty Offset
Dayaksini T.2006. Psikologi Sosial(Jilid I Edisi Revisi) Malang : UMM Press
Engkoswara 1992.Dalam Lijan Poltak Sinambela,2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Hafied Cangara.2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers
Iqbal Hasan,2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta. Bumi Aksara
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana
Khomsahrial Romli.2011. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta : Grasindo
Lijan Poltak Sinambela,2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Liliweri Ali.2014. Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara
Muhammad Arni.2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara
Pedoman SMM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan Tahun Anggaran 2018
Ridwan.2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Rusla Rosady.2005. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers
Sastropoetro Santoso.1990. Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Pendapat Khalayak Dalam Komunikasi Sosial. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Singarimbun, Masri.1995.,Metode penelitian Survey,Jakarta,LP3ES
Suharsimi Arikunto.1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Sujarweni V.Wiratna.2014. Metode Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah di Pahami, Makassar : Pustaka Baru Press
Sutrisno Edy.2010. Budaya Organisasi. Jakarta : Kencana
Veithzal Rivai, Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal. Jakarta : Rajawali Press
DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6266
Refbacks
- There are currently no refbacks.

