Strategi Komunikasi Pemasaran Ayam Penyet Cabe Hijau Menarik Minat Pengunjung

Zakaria Siregar, Risha Aulia Irwandari

Abstract


Resto Ayam Penyet Cabe Hijau adalah salah satu restoran yang muncul di Kota Medan, resto ini yang memanfaatkan peluang pasar tersebut.Tingkat kompetisi antara pelaku usaha restoran semakin ketat dan kompetitif. Kompetisi tersebut menuntut Resto Ayam Penyet Cabe Hijau melakukan penyesuaian dalam menyusun strategi-strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Kini restoran tidak hanya menjadi tempat makan dan minum saja, tetapi juga menjadi tempat sosialisasi, pertemuan antar anggota keluarga, teman, rekan kerja, atau sekedar melepas penat. Aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran adalah dikarenakan berhasilnya pertukaran informasi antara dua arah antara restoran dan konsumen. Dalam situasi ini, restoran dan konsumen dihubungkan melalui informasi mengenai produk kepada konsumen, sedangkan bagi konsumen informasi yang didapat digunakan sebagai referensi untuk kunjungan dan melakukan pembelian. Dengan demikian, keberhasilan merebut hati konsumen banyak ditentukan oleh keberhasilan komunikasi pemasaran yang dijalankan.Strategi komunikasi Resto Ayam Penyet Cabe Hijau dalam mempromosikan tempat wisata kulinernya ini menjadi fokus dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Media Sosial, Komunikasi Pemasaran, Strategi Pemasaran, dan Promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif memulai kegiatan penelitiannya dengan suatu focus, pertanyaan, permasalahan, maupun teknik pengumpulan data tertentu.Lokasi penelitian di Resto Ayam Penyet Cabe Hijau, Jalan Sunggal, No.278 Medan, Sumatera Utara. Kemudian melakukan Tanya jawab kepada informan yang lebih spesifik melalui app whatsapp.Data yang diperoleh akan dianalisis dan dikaji melalui pendekatan kualitatif naratif, yaitu dengan mengungkapkan data, menguraikan data dengan mendeskriptifkan data yang diperoleh dari penelitian, baik data primer maupun data sekunder dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami kemudian data yang diperoleh diuraikan serta dikembangkan berdasarkan teori yang ada.Kesimpulan penelitian ini adalah Ayam Penyet Cabe Hijau menggunakan berbagai strategi pemasaran bagi produk mereka, Promosi menggunakan komunikasi interpersonal yang pertama dengan teknik word of mouth, Kedua menggunakan komunikasi interpersonal dengan teknik public relations, Ketiga melalui komunikasi media social yang menjadi strategi komunikasi pemasaran utama.


Full Text:

PDF

References


Abdurrachman Oemi. 1993. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT Citra Aditya Bakti

Basu Swatha, Azas-azas Marketing, Edisi ke tiga, (Yogyakarta: Liberty, 2000)

Buchari Alma dan Ratih Hurriyati, Manajemen Corporate Strategi Pemasaran Jasa

DR. Elvinaro Ardianto. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Dr. H. Zainal Mukarom, dan Muhibudin Wijaya. 2015. Manajemen Public relation, panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung : CV Pustaka Setia.

Ilham Prisgunanto. 2006. Komunikasi Pemasaran, Strategi, dan Taktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Indriyo Gitosudarmo, Pengantar Bisnis, Edisi II, (Yogyakarta: BPFE, 1996)

Kasmir, Kewirausahaan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Permai, 2006)

Lexy J. Moleong, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja

Moore, Frazier. 2004. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran,Terjemah: Benyamin

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Penerbit Alfabeta.

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutrisna Dewi. 2007. Komunikasi Bisnis. Denpasar : Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : ANDI.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.