SETEPAK SIRIH SEJUTA PESAN: KAJIAN KOMUNIKASI SIMBOLIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA MELAYU DI KOTA MEDAN

Junedi Singarimbun, Nurindah Mas Yusdi Putri

Abstract


Setepak Sirih merupakan salah satu ikon Budaya Melayu yang berfungsi sebagai media berkomunikasi karena orang Melayu suka berkias dan tidak berterus terang dalam menyampaikan maksudnya. Tepak sirih memilki banyak makna didalamnya, maka tak heran pada saat Bachtiar Djafar masih menjabat sebagai walikota Medan pada tahun (1999), beliau menjadikan Simbol Kearifan budaya Melayu tersebut menjadi take line nya yang berbunyi “Setepak Sirih Sejuta Pesan” dikarenakanmakna Tepak Sirih memiliki arti yang amat begitu banyak sehingga dikatakan memiliki sejuta pesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Setepak Sirih Sejuta Pesan” sebagai komunikasi simbolis kearifan lokal budaya Melayu di kota Medan. Fokus penelitian yang dikaji adalah mengenai komunikasi simbolis yang terdapat dalam symbol kearifan lokal budaya Melayu yaitu Setepak Sirih SejutaPesan. Metode yang digunakan adalah Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa Komunikasi Simbolis yang terdapat di dalam Setepak Sirih Sejuta Pesan merupakan lambang dan menjadi media berkomunikasi masyarakat Melayu dalam menyampaikan pesan-pesan pada setiap kegiatan adat dan budaya masyarakat Melayu dan masih relevan dengan perkembangan teknologi zaman sekarang, dan juga sifat-sifat yang terkandung di dalam hanya menjadi lambing karakter dari masyarakat Melayu.

Full Text:

PDF

References


Abubakar Rifa’i, M.A. 2021. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Suka Press.

Dewi Ponco Karyanngsih. 2018. Ilmu Komunikasi, Yogyakarta : Samudra Biru. Gatot Haryono Cosmas. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jawa Barat : CV jejak anggota IKAPI.

Gora Radita, 2014, Hermeneutika Komunikasi, Yogyakarta : Deepublish.

Hadi Syafwam Umry. 2012. Manusia Bandar dalam pergaulan Budaya, Medan : USU Press.

Harahap Pahlawansjah. 2012. Budaya Organsasi Semarang : Semarang University Press.

Haryanto Didik. 2021. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jawa Timur : UMSIDA Press. Huberman Milles. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-

metode Baru). Jakarta : Universitas Indonesia Press

Mukarom Zaenal. 2021 Teori-Teori Komunikasi berdasarka konteks. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana Dedy. 2017. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana Deddy, 2019, Pengantar Komunikasi Lntas Budaya, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Saleh Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Bandung, : Pustaka Ramadhan. Sibarani Robert. 2012. Kearifan Lokal hakikat, peran, dan metode tradisi lisan. Jakarta Selatan : Asosiasi tradisi lisan (ATL).

Sujono Soekamto, 2011. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : Raja Grafndo Persada.

Susanto Edi, 2016, Studi Hermeneutika Kajian Pengantar, Jakarta : Kencana. Syaifuddin Wan dan Arwin Harahap. 2019. Medan Beranda Budaya Nusantara. Medan : USU Press.

Thamrin Husni. 2018. Antropologi Melayu. Yogyakarta : Kalimedia

W. Little Stephen Jhon & Karen A. Fross. 2009. Teori Komunikasi Theori of Human Communication. Jakarta : Salemba Humanika.

Yusuf Muri, M.Pd. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif (Kualitatif & Penelitian Gabungan). Jakarta : Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.