REPRESENTASI NILAI-NILAI TOLERANSI TERHADAP PERBEDAAN RAS PADA FILM GREEN BOOK

Reyhan Alzhilansyah Suherman, Yogi Muhamad Yusuf, Charisma Asri Fitrananda

Abstract


Penelitian berjudul representasi nilai-nilai toleransi terhadap perbedaan ras pada film Green Book ini bertujuan untukmengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, mitos dan pesan yang ingin disampaikan dalam Film Green Book. Peneliti menggunakan analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara studi Pustaka, observasi, serta wawancara sehingga makna denotasi, konotasi, mitos serta pesan yang ingin disampaikan dalam Film Green Book. Hasil penelitian, ditemukan makna denotasi, konotasi serta mitos dalam Film GreenBook. Melalui teori semiotika Roland Barthes, peneliti dapat memahami pesan atau simbol-simbol baik tersurat maupun tersirat melalui adegan dalam film dan dialog antar karakter dalam film Green Book. Sehingga pesan dan kritik terhadaptindakan rasisme, prasangka buruk terhadap perbedaan ras, serta pentingnya menumbuhkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sosial dapat tersampaikan secara baik kepada penonton menggunakan film sebagai salah satu media komunikasi visual.

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana, 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gufron Galuh A.M. (2019). Representasi Anti Rasisme Dalam Film “US” Karya Jordan Peele. (Analisis Semiotika Model Roland Barthes). Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Kennedy John. (2011). Amerika Serikat Bangsa Kaum Imigran. Bantul. Kreasi Kencana)

Liliweri, Alo (2005). Prasangka dan Konflik ; Komunikasi Lintas Budaya Masyrakat Multikultur. PT LKis Printing Cemerlang

Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Muchlis, Ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Rakhmat, Jalaludin. (2014). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i1.6440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.