STRATEGI KOMUNIKASI SATUAN TUGAS (SATGAS) COVID-19 DALAM PENANGANAN PANDEMI DI KELURAHAN SITIREJO I MEDAN

Nadra Ideyani Vita, Hairunnisa Panjaitan

Abstract


Keberhasilan dalam kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. Sebuah strategi komunikasi hendaknya mencakup segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan khalayak sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dan usaha yang dilakukan serta hambatan yang di hadapi Satuan tugas Covid-19 dalam penanganan pandemi di Kelurahan Sitirejo I. Penelitian ini didukung oleh teori komunikasi persuasif dan teori komunikasi bermedia dan Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan lokasi peneltian yaitu dilakukan di Kelurahan Sitirejo I, Kecamatan Medan Kota. Informan dalam peneltian yaitu menggunakan teknik purposive sample dimana informan dipilih berdasarkan kriteria-kriteria khusus yang sesuai dan memiliki pengetahuan lebih untuk memberikan informasi terkait dengan data-data penelitian dengan jumlah informan sebanyak 4 orang yaitu Satuan tugas penanganan covid-19 Kelurahan Sitirejo I Kepala lingkungan yang ada di Kelurahan Sitirejo I. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obeservasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan satuan tugas covid-19 yaitu komunikasi dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang dalam upaya penanganan pandemi. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan komunikasi persuasif dan komunikasi menggunakan media. Selalu menghimbau dan mengingatkan masyarakat melalui kepala lingkungan agar tetap menjalankan prokes 6 M. Selain itu juga strategi komunikasi dilakukan melalui sosialisasi-sosialisasi kesehatan dan pemasangan flayer atau spanduk yag dipasang disekitaran Kelurahan Sitirejo I.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. (2006) Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi. (Bandung: PT Remaja Ro sdakarya.

George Steinner, Jhon Minner. (2002) Manajemen Stratejik. Jakarta: Erlangga.

Husein Umar, (2001). Strategi Manajemen in Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

.

H.A. W. Widjaja, (2000) Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyana,Deddy. (2010) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cet. XIV. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

H.A.W Widjaya. (1997) Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Eko Harry Susanto. (2010) Komunikasi Manusia Esensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Edisi I. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Effendy, Onong Uchjana (2002) .Dinamika Komunikasi Cet. V.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosady Ruslan. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation., Jakarta: Grafindo Persada

Setiawan Hari Purnomo, Zulkiflimansyah. (1999) Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: LPEEE UI.

Sofjan Assauri. (2013) Strategic Management : Sustainable Competitive Advantage. Jakarta : Rajawali Pers

Muhammad Arni. (2004) Komunikasi Organisasi. Jakarta:Bumi Aksara.

Hafied Cangara. (2013) Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Syafi’i Antonio, (2001) Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cet. 1. Jakarta: GemaInsani.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Helaluddin Hengki (2019) Analisis Data Kualitatif, Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologic Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.