POLA KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAM PADA ANGGOTA BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KOTA MEDAN

Junedi Singarimbun, Hans Prayoga

Abstract


Dalam organisasi BKPRMI memiliki Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah Sumber Daya Manusia (LPPDSDM) yang dapat mengatasi permasalahan karakter islam pada remaja terutama pada anggota BKPRMI di kota medan. Dikarenakan ketaqwaan diri seseorang kepada Allah SWT bisa naik dan turun, dan bagaimana jika pemuda dan remaja masjid memiliki ketaqwaan yang rendah kepada Allah SWT dan terjerumus kedalam perbuatan yang negatif maka dari itu LPPDSDM BKPRMI Kota Medan berupaya melakukan pembinaan dan pengembangan karakter pemuda islam dengan cara meningkatkan pemahaman pengetahuan islam terhadap anggota BKPRMI di kota Medan agar tujuan organisasi dapat tercapai. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahaui bagaimana cara pendekatan komunikasi dalam pembujukan secara logika dan proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh pengurus sehingga dapat mempengaruhiemosi anggota. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa Melakukan proses pemahaman terhadap anggota tidak hanya dari kegiatan kajian tentang agama tetapi juga dari kegiatan-kegiatan sosial dan keilmuan lainnya, LPPDSM DPD BKPRMI Kota Medan membuat program untuk anggota dan masyarakat untuk pembinaan karakter islam dengan cara SOSMED (Sosial, Manajemen Diri, Dakwah), LMD (Latihan Manajemen Dakwah) I, Pelatihan IMTAQ (Iman dan Taqwa), kajian-kajian dari Masjid ke Masjid. Peningkatan kualitas pemahaman anggota tentang ajaran-ajaran Islam tentu memiliki hubungan erat dengan perbaikan karakter atau akhlak.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M. A. (2020). Manajemen Kaderisasi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Medan Deli (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu komunikasi teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya

Lexy J, Moleong. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset

Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga

Singarimbun Masri 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. 37 T.

Syahrum dan Salim, 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka media.

Rita, Y. (2023). GERAKAN SOSIAL KEAGAMAAN DEWAN PENGURUS WILAYAH BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (DPW BKPRMI) DALAM MENINGKATKAN KEBERAGAMAAN REMAJA DI BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.