MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Yogi Muhammad Yusuf, Vikry Abdullah Rahiem, Charisma Asri Fitrananda

Abstract


Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual didapatkan dari pendidikan agama yang baik, ditambah dengan pendidikan agama yang terbuka dan menerima perkembangan jaman yang semakin mengglobal ini. Perkembangan teknologi internet dalam dunia pendidikan pun makin ramah dengan situs jejaring youtube Pesan_Trend. Metode penelitian ini menggunakan etnografi virtual yang mengamati komunikasi media pembelajaran siswa di youtube channel Pesan_Trend berkaitan dengan perilaku komunikasi dalam tema kebudayaan tertentu. Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran Pesan_Trend dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri,  dimana pembelajaran pendidikan agama Islam dapat berorientasi pada media pembelajaran berbasis online yang inovatif seperti platform Youtube. Tersedianya media pembelajaran pendidikan agama Islam alternatif yang berbasis pada media sosial (online) untuk pengajaran pendidikan agama Islam dapat memberikan kemudahan kepada  guru pendidikan agama Islam dalam melaksakan proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis online yakni media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai media pendidikan agama Islam adalah memberi imbas dengan landasan yang mendasar bagi guru pendidikan agama Islam untuk memilih metode serta media pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan tuntutan pendidikan saat ini.

 



Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Burhan Bungin. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta : Kencana.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta : Jalasutra.

Danim, Sudarwan. 2008. Media Komunikasi Pendidikan : Pelayanan Profesional Pembelajaran Dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Deddy Mulyana. 2011. Media dan Perubahan Sosial. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran : Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arief S. dkk. 2009. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sukiman. 2012. Pengambangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia.

Uno, Hamzah. 2012. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.