DAMPAK IKLAN PERINGATAN MEROKOK TERHADAP PECANDU ROKOK USIA 45 – 50 TAHUN DI LINGKUNGAN VI KELURAHAN PANGKALAN MANSYUR KECAMATAN MEDAN JOHOR KOTA MEDAN

Luthfi Firjatullah, Junedi Singarimbun

Abstract


Artikel ini meneliti perilaku merokok khususnya di dalam penelitian ini adalah perokok usia 45-50 tahun, apakah telah menerima informasi mengenai bahaya–bahaya rokok yang sudah tercantum dalam gambar seram peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok dengan visualisasi yang lebih ekstrem dengan tujuan untuk lebih meyakinkan kesadaran masyarakat khususnya perokok aktif terhadap bahaya merokok yang dapat membahayakan kehidupan mereka. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang komponen AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) manakah yang paling mempengaruh iklan bahaya merokok terhadap perilaku merokok usia 45-50 tahun pasca pemberlakuan gambar seram peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok, dengan judul penelitian Pengaruh Iklan Bahaya Merokok terhadap Perilaku Merokok di Lingkungan VI  Kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatan Medan Johor Kota Medan. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap dampak iklan peringatan merokok terhadap pecandu rokok usia 45-50 tahun di lingkungan VI, kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor. Tidak banyak dari informan yang memperhatikan gambar kemasan rokok tersebut. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pencantuman gambar kemasan rokok terhadap minat beli. Pecandu rokok usia 45-50 tahun di lingkungan VI, Kelurahan Pangkalan Mansyur memutuskan untuk tetap membeli rokok, walaupun sudah ada gambar peringatan pada kemasan rokok tersebut

Full Text:

PDF

References


Bambang Sugono, 2003, Metode Penelitian, Jakarta : PT.Raja Grapindo Perkasa. Bimo Walgito, 2004, Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset

Febriani, N., dan Dewi, W. 2018. Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran. Malang: UB Press.

Fiske, S.T & S, Taylor. 1991. Social Cognitif, second edition. Singapore: McGrawHill Book Co.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Greenberg, J., & Arndt, J. (2012). Terror management theory. In P. A. M. Van Lange, A. W. Kruglanski, & E. T. Higgins (Eds.), Handbook of theories of social psychology (pp. 398–415). Sage Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n20

Melina. Peranan Budaya Dalam Pembangunan Manusia Indonesia. Jurnal dunia ilmu Vol.2 No.4 (2016) h: 124

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Muhammad, 2008, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Pers. Moleong, L. J., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya

Prabandari, Y.S., & Dewi, A. 2021. How do Indonesian Youth Perceive Cigarette Advertising? A Cross-sectional Study Among Indonesian High School Student. Global Health Action, 9

Patton, Michael Quinn. 1987. Triangulasi. Dalam Moleong (Ed.), Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi(hlm. 330-331). Cetakan ke-29. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2011. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan terapan di Dalam Media Massa. Prenada Media: Jakarta

Sugiyono, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dan R Dan D, (Bandung: alfabeta)

West, Richard, Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.