ANALISIS FRAMING BERITA CALON PRESIDEN RI 2024 DI MEDIA DETIK.COM DAN CNNINDONESIA.COM

Annisa Dianti Hutabarat, Zakaria Siregar

Abstract


Media pada era globalisasi dan kemajuan teknologi sekarang ini memiliki  peranan penting dalam kesuksesan dan keberhasilan suatu tujuan politik yang ditetapkan. Sebagaisaluran  penyampai  pesan,  media  khususnya  media online menjadi salah satu alat  yang  paling  ampuh untuk  mempengaruhi,  meyakinkan  bahkan  membentuk  suatu  opini  di  publik  terkait  isi-isiberita  yang  disajikan  secara teks dangambar. Kondisi  pertarungan  pilpres  2024 hari  iniantara telah membelah kekuatan korporasi/ perusahaan media. Pertarungan politik mediayang  paling  mencolok  adalah  pertarungan  antara Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dengan  menggunakan  pendekatan  Analisis  Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosichi,  identifikasitentang penggunaan media online untuk kepentingan politik demi mencapai kekuasaan diklasifikasikan dengan melakukan analisis bingkai sebuah peristiwa yang diberitakan yakni berita  soal Capres 2024  di  kedua  korporasi  media  online tersebut  melalui  pembahasan berita Calon Presiden  pada  tanggal 21-26 April2023 oleh Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dari analisis peneliti ditemukan bahwa Detik.com cenderung lebih banyak membahas Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 dibanding CNNIndonesia.com.


Full Text:

PDF

References


Alex, Sobur, 2012. Analisis Teks (Media : Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing, Bandung : Remaja Rosdakarya

Cangara, Hafied, 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persda

Butsi, F. I. (2019). Mengenal Analisis Framing: Sejarah dan Metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 52-58.

Djuroto, Totok, 2004. Manajemen Penerbitan Pers, Bandung : Rosda Karya

Effendy, Onong Ujhana, 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek,Bandung: Remaja Rosdakarya

Eriyato, 2011. Analisis Framing: Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media, Yogyakarta: LKIS

Fauzi, Arifatul Choiri, 2007. Kabar-Kabar Kekerasan Dari Bali, Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara

Imawan, Teguh, 2000. Media Surabaya Mengaburkan Makna Edisi 09, Jakarta : Pantau

Mc Quail, Daniel, 2005. Teori Komunikasi Massa, Jakarta : Erlangga

Mondry, M.Sos, 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik, Bogor : Ghalia Indonesia

Nova, Firsan, 2009. Crisis Public Relations, Jakarta

Nurhadi, Zikri Fachrul, 2015. Teori-Teori Komunikasi : Teori Komunkasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif, Bogor : Ghalia Indonesia

Nurudin, 2009. Jurnalisme Masa Kini, Jakarta: Rajawali Pers

Octama, Jacob, 2001. Pers Indonesia : Bekomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus, Jakarta : Buku Kompas

Sudibyo, Agus, 1999. Citra Bung Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru, Yogyakarta : Bigraf

Suhandang, Kustandi, 2003. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Bandung : Produk dan Kode Etik

Suherdiana, Dadan, 2020.Jurnalistik Kontenporer,Bandung:CV. Mimbar Pustaka

Suprapto, Tommy, 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta: MedPress.

Sutisno, P.C.S, 1993. Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. Jakarta: PT Grasindo.

Syamsul M.Romli, Asep, 2012.Jurnalistik online (panduan Mengelola media online),Bandung:Nuansa Cendaka

Widarmanto, Tjahjono, 2017. Pengantar Jurnalistik: Panduan Awal Penulisan, Yogyakata: Araska




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.