ANALISIS FRAMING BERITA CALON PRESIDEN RI 2024 DI MEDIA DETIK.COM DAN CNNINDONESIA.COM
Abstract
Media pada era globalisasi dan kemajuan teknologi sekarang ini memiliki peranan penting dalam kesuksesan dan keberhasilan suatu tujuan politik yang ditetapkan. Sebagaisaluran penyampai pesan, media khususnya media online menjadi salah satu alat yang paling ampuh untuk mempengaruhi, meyakinkan bahkan membentuk suatu opini di publik terkait isi-isiberita yang disajikan secara teks dangambar. Kondisi pertarungan pilpres 2024 hari iniantara telah membelah kekuatan korporasi/ perusahaan media. Pertarungan politik mediayang paling mencolok adalah pertarungan antara Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dengan menggunakan pendekatan Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosichi, identifikasitentang penggunaan media online untuk kepentingan politik demi mencapai kekuasaan diklasifikasikan dengan melakukan analisis bingkai sebuah peristiwa yang diberitakan yakni berita soal Capres 2024 di kedua korporasi media online tersebut melalui pembahasan berita Calon Presiden pada tanggal 21-26 April2023 oleh Detik.com dan CNNIndonesia.com. Dari analisis peneliti ditemukan bahwa Detik.com cenderung lebih banyak membahas Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 dibanding CNNIndonesia.com.
Full Text:
PDFReferences
Alex, Sobur, 2012. Analisis Teks (Media : Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing, Bandung : Remaja Rosdakarya
Cangara, Hafied, 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persda
Butsi, F. I. (2019). Mengenal Analisis Framing: Sejarah dan Metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 1(2), 52-58.
Djuroto, Totok, 2004. Manajemen Penerbitan Pers, Bandung : Rosda Karya
Effendy, Onong Ujhana, 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek,Bandung: Remaja Rosdakarya
Eriyato, 2011. Analisis Framing: Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media, Yogyakarta: LKIS
Fauzi, Arifatul Choiri, 2007. Kabar-Kabar Kekerasan Dari Bali, Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara
Imawan, Teguh, 2000. Media Surabaya Mengaburkan Makna Edisi 09, Jakarta : Pantau
Mc Quail, Daniel, 2005. Teori Komunikasi Massa, Jakarta : Erlangga
Mondry, M.Sos, 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik, Bogor : Ghalia Indonesia
Nova, Firsan, 2009. Crisis Public Relations, Jakarta
Nurhadi, Zikri Fachrul, 2015. Teori-Teori Komunikasi : Teori Komunkasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif, Bogor : Ghalia Indonesia
Nurudin, 2009. Jurnalisme Masa Kini, Jakarta: Rajawali Pers
Octama, Jacob, 2001. Pers Indonesia : Bekomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus, Jakarta : Buku Kompas
Sudibyo, Agus, 1999. Citra Bung Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru, Yogyakarta : Bigraf
Suhandang, Kustandi, 2003. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Bandung : Produk dan Kode Etik
Suherdiana, Dadan, 2020.Jurnalistik Kontenporer,Bandung:CV. Mimbar Pustaka
Suprapto, Tommy, 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Yogyakarta: MedPress.
Sutisno, P.C.S, 1993. Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. Jakarta: PT Grasindo.
Syamsul M.Romli, Asep, 2012.Jurnalistik online (panduan Mengelola media online),Bandung:Nuansa Cendaka
Widarmanto, Tjahjono, 2017. Pengantar Jurnalistik: Panduan Awal Penulisan, Yogyakata: Araska
DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8749
Refbacks
- There are currently no refbacks.