PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP GAYA HIDUP IBU RUMAH TANGGA MENURUT PERSEPSI SUAMI (STUDI KASUS DI KELURAHAN TEGAL SARI KOTA MEDAN)

Gita Novita Sari, Febry Ichwan Butsi

Abstract


Kemajuan teknologi membuat perkembangan zaman menjadi begitu canggih internet menjadi media yang paling banyak digunakan masyarakat salah satu nya media sosial. Facebook merupakan media sosial yang populer dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat terutama ibu rumah tangga. Facebook kini telah aktif digunakan oleh ibu rumah tangga banyak nya fitur yang bisa digunakan ibu rumah tangga di dalam Facebook mampu mengubah gaya hidup ibu rumah tangga seperti dalam berpenampilan, bersosialisasi, dan mencari pengetahuan tentang edukasi, tetapi ketika ibu rumah tangga menggunakan Facebook tidak selalu mendapatkan respon positif oleh suami. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Facebook terhadap gaya hidup ibu rumah tangga menurut persepsi suami. Penelitian ini memakai metode deskriptif pendekatan kuantitatif di mana bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya dan untuk melihat sejauh mana pengaruh antar variabel dengan melihat tingkat signifikan antara variabel. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Suami yang tinggal di Kelurahan tegal sari, lingkungan III kecamatan medan area yang berjumlah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tunggal, uji hipotesis memakai rumus analisis statistik deskriptif dengan perangkat SPSS versi 26. Dengan uji Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed). Koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan angka 0,989.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmawati, A., Pramesty, A. F., & Afifah, T. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Remaja. Sains dan Tekonologi Informasi.

Dwijayanti. (1999). Perbedaan Motif Antara Ibu Ruamh Tangga Yang Bekerja dan Yang Tidak Bekerja Dalam Mengikuti Sekolah Pengembangan Pribadi dari Jhon Robrt Power. Media Psikologi Indonesia.

Faradiba, K. (2017). Efek Media Sosial (Facebook) Terhadap Murid Kelas VI (Enam) SDN Botokamase Sungguminasa. Makassar: UIN Alaudin Makassar.

Khoerunnisal, L., & Anwar, R. K. (2019). Literasi Media Sosial Pada Ibu Rumah Tangga : Pemanfaatan Media Sosial Oleh Ibu Rumah Tangga di Karwang Barat. 120.

Kuswarno, E. (2015). Potret Wajah Masyarakat Digital Indonesia. Jurnal Communicate, 1(1).

Moleong, J. L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Trisnani, T. (2018). Analisis Akses Dan Penggunaan Media Sosial Oleh Rumah Tangga Dan Individu Di Kota Batu Jawa Timur. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 7(2), 72-86.

Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.