PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN KOMUNITAS STAND UP INDO MEDAN DALAM MENCIPTAKAN PELUANG SHOW

Fiqy Dhea Lentera, Febry Ichwan Butsi

Abstract


Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Media Sosial Instagram Di Kalangan Komunitas Stand Up Indo Medan Dalam Menciptakan Peluang Show. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa itu Stand Up Comedy dan sejarah komunitas Stand Up Indo Medan, pengaruh pemanfaatan media sosial Instagram dalam menciptakan peluang show dan sebagai sarana promosi dan informasi. Teori yang digunakan di penelitian ini adalah komunikasi pemasaran dan promosi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang strategi promosi dan pemanfaatan media sosial dalam upaya menciptakan peluang show dan memperkenalkan komunitas Stand Up Indo Medan ke masyarakat. Teknik penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan menggunakan Studi Lapangan.  Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media sosial Instagram sangat berperan penting sebagai media promosi dan pusat informasi dalam upaya menciptakan peluang show bagi komunitas Stand Up Indo Medan. 


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran (1st ed). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi, Teknologi Informasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kismono, G. 2011. Pengantar Bisnis, Edisi Kedua. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kotler, Phillip. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Media Promosi. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Killer, K. 2012. Marketing Management 14 th Edition. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. 2006. Marketing Communication. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Laquey, Tracy. 1997. Sahabat Internet Pedoman Bagi Pemula Untuk Jaringan Global,Bandung : ITB

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nawawi, H. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pandji Nugroho. 2011. Potret Stand Up Comedy; Stand Up Comedy Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Prisgunanto, I. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siswanto. 2013. Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo

Severin & Tankard. 2008. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i2.9684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.