IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI DESA UJUNG RAMBE KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2021

Yanhar Jamaluddin, Rizqy Aqilla Haya Br Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik pada Puskesmas Kecamatan Gunung Sitember Kabupaten Dairi. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif dan mengunakan sumber data primer dan sekunder dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 (lima) orang kemudian data dikumpulkan mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi setelah itu dianalisis dengan teknik redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta keabsahan data mengunkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kualitas pelayanan dapat dikatakan masih kurang baik, Hal ini menunjukkan bahwa fasilitas yang ada masih sangat dibutuhkan, guna untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Proktivitas baik dari peralatan medis yang cukup memadai dan para petugas kesehatan memiliki keterampilan bagus yang dapat dilihat dari segi kedisiplinan petugas, kejelasan petugas yang bertanggung jawab, Ketepatan waktu dan bertindak cepat. Semangat kerja bermakna antara pemberian insentif dengan semangat kerja, apabila pemberian insentif terpenuhi maka akan mampu mendorong semangat kerja dari tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas karena tingkat semangat kerja yang dimiliki oleh seseorang dapat dinilai dari yang dicapai dan yang diinginkan. Keluwesan adaptasi yang terjalin antara petugas dengan pasien dianggap sudah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan saat itu yaitu agar diperhatikan oleh para petugas baik selama penanganan diruangan maupun saat mereka sedang menunggu. Adapun faktor pendukung yaitu adanya kesanggupan dalam melakukan peekerjaan dengan motif mulia, adanya keterampilan khusus untuk untuk menagani pekerjaan tersebut, disiplin dalam waktu, prosedur dan metode yang telah di tentukan dan faktor penghambat dalam memberikan pelayanan kesehatan ialah, banyaknya anggota keluarga yang turut hadir untuk mendampingi pasien dalam keadaan darurat, sehingga menyulitkan petugas pelayanan kesehatan untuk menangani pasien.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M.Sy. "Perkembangan dan Penerapan Studi Implementasi. (Action Research and Cash Studies)". Lembaga Administrasi Negara. Jakarta.

Arlanda, Fauzi. "Implementasi Program Pembangunan Daerah". Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Universitas Negeri Malang. 2021

Eko Putro Widoyoko. “Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidikan Dan Calon Pendidik”. Pustaka Belajar. Yogyakarta: 2021.

Fathani Muttakin. "Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Jalan Terhadap Pendapatan

Masyarakat Desa Teluk Rendah Kecamtan Tebo llir KabupatenTebo". Universitas Syiah Kuala Aceh, 2018.

Grindle, Merilee S. 1980. “Politic and policy implementation in the third world”. princnton University Press: New Jersey.

Leo Agustino “Dasar-Dasar Kebijakan Publik”. Bandung: Alfabeta. 2017.

Lexy J. Moleong. “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018. Mahmudi. "Implementasi Program" Yogyakarta: UPP AMP YKPN, Miles danHuberman. 1992 "Analisis Data Kualitatif". Sumber Baru. Jakarta: Universitas Indonesia. 2018.

Megawati Cindy Rorimpandey, Ismail Nurdin. "Implementasi Kebijakan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) Di Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara 2019. Jurnal llmu Administrasi Negara.

Mazmanian, Daniel A and Paul A. Sabatier. "Implementation and Public Policy, Scott Foresman and Company". USA, 1983

Mulyadi. "Those Activities Direct Toward Putting A Program Into Perfect ". Jakarta: Alfabeta. 2014.

Murba. "Studi Implementasi Program Pembangunan Infrastruktur Di Desa Erencinong Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone". Skripsi Ilmu Adminstrasi Negara, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Oemar Hamalik. "Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum". Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017.

Ripley, Rendal B. and Grace A. Franklin. "Policy Implementation and Bureaucracy".I edition, the Dorsey Press, Chicago-Illionis. 1986.

Ripley, Rendal B. and Grace A. Franklin. "Policy Implementation and Burearsecond edition, the Dorsey Press, Chicago-Ilionis, 1986.

Rizki Aryanda "Implementasi Program Pembangunan Infrastruktur BerdasarkanAlokasi Dana Desa Pulau Kiyang Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau". Jurnal IImu Administrasi Negara, Universitas Padjajaran Jawa Barat. 2020

Subarsono. "Analisis Kebijakan Publik". Konteks, Teori dan Aplikasi. Pustaka Belajar. Yogyakarta: 2019

Trisnanti, Merista. "Studi Mengenai Implementasi Kebijakan Program". Jurnal Administrasi Negara Vol.1 Universitas Negeri Surabaya. 2018

Wahyu Kuniawan, Karjuni Dt. Maani. "Implementasi Kebijakan Pembangunam Jalan Di Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Dengan Menggunakan Model Donald Van Metter Dan Carl Van Horn" 2019. Jurnal Imu Administrasi Negara.

Wibawa. Samudra. "Evaluasi Kebijakan Program". PT Raja Grafindo Persada. Jakarta 2019

Yulia Annisa" Implementasi Program Jalan Pedesaan Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning Indragiri Hilir Provinsi Riau". 2020.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkan.v1i1.6246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.