Focus and Scope
Jurnal MES disediakan bagi pada dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa yang berkenan berbagi hasil pemikiran, kajian pustaka maupun penelitiannya dalam bidang:
- Ilmu Matematika dan Terapannya
- Pendidikan Matematika
- Pengembangan Media dan Bahan Ajar
- Pengembangan Kurikulum Pembelajaran
- Asesmen Pembelajaran
Artikel yang diterbitkan dapat berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka/teori yang original serta memenuhi kaidah penulisan ilmiah.
Tidak menutup kemungkinan bagi para penulis untuk mengirimkan artikal dalam bidang:
- Manajemen/administrasi Pendidikan
- Pendidikan Dasar
- Evaluasi Pembelajaran
Section Policies
Articles
Editors- Dhia Octariani S.Pd, M. Si
- Arie Panjaitan S.Pd, M. Si
- Syahlan S. Pd, M. Pd
- Metrilitna Sembiring S. Pd, M. Si
![]() |
![]() |
![]() |
Peer Review Process
Artikel yang diterima adalah artikel yang telah memenuhi kaidah penulisan ilmiah, melalui proses tinjauan sejawat (peer reviewer), gaya telikung sebagaimana yang terlampir dalam Template, serta memenuhi syarat orisinalitas.
- Kaidah Penulisan; cukup jelas.
- Proses Tinjauan Sejawat (peer reviewer); merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh reviewer (minimal 2 orang) yang bertugas memeriksa kelayakan artikel, yang meliputi: kelengkapan dan kesesuaian unsur, ruang lingkup dan kedalaman pembahasan; kecukupan data; kemutakhiran penelitian (maks 10 thn terakhir); kesesuaian judul, metode, dan hasil penelitian; dan indikasi plagiasi.
- Gaya telikung; cukup jelas.
- Orisinalitas; bahwa artikel yang diterbitkan merupakan hasil pemikiran, pengkajian, maupun penelitian yang dilakukan penulis dengan menyebutkan sumber atau referensi secara memadai. Penulis dapat memanfaatkan aplikasi mendeley untuk membantu mengurangi kemungkinan plagiasi. Tingkat plagiasi yang diizinkan adalah maksimal 25%.
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Archiving
This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...