IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI

Sasikirana Zahra Maheswari, Suparni Suparni, Siti Mabruroh

Abstract


Lesson Study adalah kolaborasi berkelanjutan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran matematika melalui penerapan lesson study dalam program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP). Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan melibatkan 5 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025, guru pamong, dan teman sejawat selama dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru pamong dan teman PLP. Pada siklus pertama, model Student Team Achievement Division (STAD) diterapkan dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), namun keterlibatan peserta didik masih rendah. Refleksi siklus pertama menghasilkan perbaikan pada siklus kedua, yakni penerapan model discovery learning menggunakan LKPD individu dan aplikasi quizizz. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini terlihat dari antusiasme, partisipasi aktif, dan pemahaman peserta didik yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata mereka dibandingkan siklus pertama. Media interaktif seperti quizizz juga meningkatkan motivasi belajar sekaligus memanfaatkan perangkat secara positif. Secara keseluruhan, refleksi dan evaluasi berkelanjutan menjadi kunci perbaikan kualitas pembelajaran. Pendidik perlu terus mengembangkan metode dan media yang relevan agar tercipta suasana belajar yang efektif dan menyenangkan.

Keywords


lesson study; kualitas pembelajaran; pembelajaran matematika

References


Aditiyawarman, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA UNTUK MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian, 7(1). https://doi.org/10.46491/jp.v7i1.840

Anggraeni, N. K. P., & Sari, R. K. (2022). PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Research and Development Journal of Education, 8(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14066

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2022). Penggunaan E-LKPD Berbasis Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Menulis. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1). https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12078

Jahrah, jahrah. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(2). https://doi.org/10.51878/secondary.v2i2.1146

Memorata, A., & Santoso, D. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Merakit Personal Komputer Menggunakan Structured Dyadic Methods. E Journal Students UNY, c.

Nugraheni, B. I. (2021). Analisis pelaksanaan mata kuliah pengenalan lapangan persekolahan (plp) secara daring berdasarkan experiential learning theory. Humanika, 21(2). https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.38224

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., Maharani, S. C., & Tangerang Ubiversitas Muhammadiyah. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matmatika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2).

Safitiri, R. W. (2018). MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENGAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI SIDOKARE I SIDOARJO. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidorejo.

Sari, P., Warneri, & Ramadhan, I. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PERILAKU SISWA KELAS XIDALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MA AL-IKHLAS KUALA MANDOR B. JPPK : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa , 10(9).

Sari, R. F. A., & Hendroanto, A. (2022). Apakah Penggunaan LKPD pada Materi Lingkaran Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Sewon? Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1365–1370.

Sola, E. (2019). Supervisi Akademik versus Kualitas Pembelajaran. Jurnal Idaarah, III(1).

Suharsono, A., & Budiarto, M. T. (2018). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Milenial. Jakarta.

Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3).

Wiharto, M. (2018). Kegiatan Lesson Study dalam Pembelajaran. Jurnal Forum Ilmiah, 15(1).

Wulandari, A. T. (2016). Implementasi Program Lesson Study Berbasis Sekolah Sebagai Pendukung Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smp N 1 Sewon. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, May.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i2.10295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.