PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Dewita Anggraini, Hari Sumardi, Hanifah Hanifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Dalam penelitian ini, dua kelas sampel diterapkan, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes (soal uraian) dan non-tes (angket disposisi matematis). Untuk analisis data, digunakan teknik ANOVA Dua Jalan (Two-way ANOVA). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik antara peserta didik yang memiliki disposisi tinggi dengan peserta didik disposisi rendah. 3) Terdapat interaksi antara Model Problem Based Learning dan Disposisi Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Keywords


Problem Based Learning; Disposisi Matematis; Pemahaman Konsep

References


Ashari, N. W., Salwah, S., & Widiani, K. (2020). Model Problem Based Learning Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII ditinjau dari Habit of Striving for Accuracy and Precision. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 67-75.

Drake, M., & Radmeh r, F. (2020). Exploring Students' Mathematical Problem-Solving Processes in Problem-Based Learning: A Study on the Role of Disposition and Self-Regulation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1216-1236.

Fariana, M. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 25-33.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,, 87-100.

Gozali, I., Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Disposisi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 102-110.

Huda, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal of Innovative Learning, 145-153

Kamid, Anggereini, E., & Muhtadin. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro , 192-200.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Lestari, S., Rukmigarsari, E., & Walida, S. E. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial. JP3, 28-35.

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 310-319.

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). PeningkatanPemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan(JPP), 1-10.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 167-175.

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 80-94.

Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 14264-14275.

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 15-19.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.

Taufiq, A. (2019). Kelemahan dan Kelebihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 112-120.

Trianto, D. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Edukasi, 5-9.

Wulandari, Kesumawati, N., & Dedy, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa SD Negeri 23 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 333-340.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i2.11155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.