PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ashari, N. W., Salwah, S., & Widiani, K. (2020). Model Problem Based Learning Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII ditinjau dari Habit of Striving for Accuracy and Precision. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 67-75.
Drake, M., & Radmeh r, F. (2020). Exploring Students' Mathematical Problem-Solving Processes in Problem-Based Learning: A Study on the Role of Disposition and Self-Regulation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1216-1236.
Fariana, M. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 25-33.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,, 87-100.
Gozali, I., Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Disposisi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 102-110.
Huda, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Journal of Innovative Learning, 145-153
Kamid, Anggereini, E., & Muhtadin. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro , 192-200.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Lestari, S., Rukmigarsari, E., & Walida, S. E. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial. JP3, 28-35.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 310-319.
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). PeningkatanPemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan(JPP), 1-10.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 167-175.
Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 80-94.
Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Journal on Education, 14264-14275.
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 15-19.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.
Taufiq, A. (2019). Kelemahan dan Kelebihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 112-120.
Trianto, D. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Edukasi, 5-9.
Wulandari, Kesumawati, N., & Dedy, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa SD Negeri 23 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 333-340.
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i2.11155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

