PEMODELAN PERSAMAAN STRUKTURAL DAN ANALISIS JALUR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, perubahan yang sangat pesat dialami oleh tatanan kehidupan masyarakat. Masyarakat dihadapkan pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang begitu pesat kemajuannya. Saat ini juga sudah sangat banyak dilakukan pseembaharuan teknologi di tengah-tengah kehidupan masyarakat di berbagai bidang kehidupan. Sebagai contoh di bidang Pendidikan, masyarakat yang langsung menggunakan dan memanfaatkannya ialah para pendidik dan para mahasiswa, tepatnya pada bidang ilmu Matematika. Harapan besar pun muncul dari semakin berkembangnya teknologi di bidang pendidikan ini, yakni menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami dan dapat diinterpretasikan langsung dalam kehidupan sehari - hari. Tentunya hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sehingga berpengaruh langsung terhadap kemajuan prestasi akademik mahasiswa. Namun, fakta di lapangan masih banyak ditemukan mahasiswa yang masih belum mau aktif ataupun antusias untuk memanfaatkan penggunaan teknologi tersebut sehingga menyebabkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas terasa sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemajuan teknologi terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Penggunaan pemodelan persamaan struktural dengan analisis datanya menggunakan analisis jalur ialah metode analisis data yang digunakan. Setelah dilakukan pengolahan data statistik menggunakan Software STATCAL, diketahui hasil penelitian berupa nilai koefisien determinasi sebesar 0,824. Nilai tersebut menyatakan bahwa kemajuan teknologi dan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara kausal terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, E. R., dan Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik. Journal Health and Science., 5(1): 222-228.
Augusty, Ferdinand. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Cleopatra, M. (2015) Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif., 5 (2) : 168–181.
Kamarulloh, (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: G Linguistics & Education, 14(5), 42-55.
Rahma, R. O., Rahmawati, V., Setyawan, A. (2022). Pengaruh Kejenuhan Terhadap Konsentrasi Belajar dan Cara Mengatasinya. Jurnal Pancar : Pendidik Anak Cerdas dan Pintar, 6(2), 242-250.
Romadhoni, R. D., dan Hasanudin, C. (2023) Peran Matematika dalam
Perkembangan Teknologi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional
Daring. Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI
Bojonegoro dengan Tema "Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah".
Sandjojo, (2015). Metode Analisis Jalur (Path Analysis dan Aplikasinya). Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Widiyasari, R., dan Mutiarani. (2017). Penggunaan Metode Structural Equation Modelling Untuk Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa FIP UMJ. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan
Matematika, 3(2), 147-160.
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i2.11165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)


