PENERAPAN PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFERENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan mahasiswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada matakuliah Persamaan Differensial. Pada Penelitian ini akan dilakukan berbagai kajian dan studi literatur guna memperoleh suatu kerangka dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penilaian dan evaluasi, sampai dengan revisi dan pengembangan kemampuan Dosen yang berkesinambungan. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan dosen dan mahasiswa calon guru matematika guna mengembangakan kegiatan pembelajaran matematika yang berkualitas dimana kegiatan pembelajarannya telah berpusat pada mahasiswa dengan mengintegrasikan teknologi secara luas.
Kata Kunci
Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Teams Games Tournament
Full Text:
PDFReferences
Agus, N, A. 2008. Mudah Belajar Matematika untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djumanta, W & Susanti, D. 2008. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk SMP/MTS kelas IX (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Hamzah, A & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hudjojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Iman, M. 2012. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Bidang Kesehatan dan Umum. Medan: Citapustaka Media Perintis
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia
Sagala, S. 2012. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Suyanto & Jihad, S. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Walpole, R, E. 2005. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.116
Refbacks
- There are currently no refbacks.