PENERAPAN PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFERENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT

Metrlitna Br Sembiring

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan mahasiswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada matakuliah Persamaan Differensial. Pada Penelitian ini akan dilakukan berbagai kajian dan studi literatur guna memperoleh suatu kerangka dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penilaian dan evaluasi, sampai dengan revisi dan pengembangan kemampuan Dosen yang berkesinambungan. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan dosen dan mahasiswa calon guru matematika guna mengembangakan kegiatan pembelajaran matematika yang berkualitas dimana kegiatan pembelajarannya telah berpusat pada mahasiswa dengan mengintegrasikan teknologi secara luas.

 

Kata Kunci

Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Teams Games Tournament


Full Text:

PDF

References


Agus, N, A. 2008. Mudah Belajar Matematika untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumanta, W & Susanti, D. 2008. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk SMP/MTS kelas IX (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hamzah, A & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hudjojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Iman, M. 2012. Pemanfaatan SPSS Dalam Penelitian Bidang Kesehatan dan Umum. Medan: Citapustaka Media Perintis

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia

Sagala, S. 2012. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suyanto & Jihad, S. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Walpole, R, E. 2005. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.