PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

Ratna Wahyuni, Haryati Ahda Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga puzzle terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan metode Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa kelas IV yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga puzzle dengan yang tidak menggunakan. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,00) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (69,66) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Dengan demikian, penggunaan alat peraga puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat memanfaatkan media pembelajaran interaktif seperti puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Keywords


Media Puzzle, Hasil Belajar, Pecahan.

References


Afra, Y., Rahmawati, P., & Widya, A. F. (2020). Pengaruh media papan puzzle terhadap pemahaman konseptual matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 74–86.

Amelia, E., Attalina, C., Nichla, S., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh model kooperatif tipe stad berbantuan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548.

Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Evita, E., Syahid, A., & Nurdin, N. (2019). Understanding Students’ Learning Outcomes Differences Through the Application of the Market Place Activity Type of Cooperative Learning Model and the Application of Conventional Learning Models. International Journal of Contemporary Islamic Education, 1(1), 67–85.

Fadilah, N. A. S., & Marlina, R. (2021). Analisis Penggunaan Alat Peraga Pacapi (Papan Pecahan Pizza) Terhadap Hasil Belajar Siswa Untuk Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Maju, 8(2).

Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40.

Maulida, A., & Zulfitria, Z. (2017). Pengembangan kecerdasan interpersonal anak autis melalui pemanfaatan media puzzle pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Holistika, 1(2).

Prawismo, S. A., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102–110.

Shalehhudin, M., Munawwir, Z., & Sari, L. D. K. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MATEMATIKA REKREASI DAN ALAT PERAGA PUPYTHA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 11(1), 511–522.

Sukerti, N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 92–101.

Turgut, S., & Gülşen Turgut, İ. (2018). The effects of cooperative learning on mathematics achievement in turkey a meta-analysis study.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v10i2.11778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.