PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN APLIKASI SI-BAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, I. N., Ermawati, D., & Hilyana, F. S. (2024). Keefektifan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V melalui Aplikasi V-BAR Berbasis Android. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.4980
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482–5490. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9967
Amaliyah, F., & Setiawaty, R. (2025). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mengajar Guru di SDN 2 Nalumsari. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 80–89. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3270
Astuti, W., & Ulia, N. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Judikdas : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.51574/judikdas.v4i2.2850
Dewantari, O., & Djami, C. B. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Grocery Shopping dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Pecahan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–49. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1832
Ermawati, D., Fardani, I., Nurunnaja, D., Ni’mah, A. U., & Astuti, D. D. (2023). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Pecahan di Kelas IV SD. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), X, 161–172. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation of open-ended problems on mathematical problem-solving skill of elementary school students. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 145–157. https://doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.8798.g5952
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
Kusumaningrum, S. R., Furqon, M. N., Ulya, W. J., & Amaliyah, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.1539
Kusumawati, S. B., Yuliana, T., & Amaliyah, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bilangan Kelas Iv Sd N Wonoketingal 01 Demak. Proceeding Umsurabaya, 1(1), 676–683.
Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas Aplikasi Website Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Akademika, 11(02), 283–294. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272
Noviantari, H., Darmiany, & Hidayati, V. R. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 473–483. https://doi.org/10.51878/science.v5i2.4984
Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android pada Siswa Kelas V SD Semester 1. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 135–143. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Setyawan, N. R., Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Papan Madu. Fondatia, 7(1), 260–270. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3177
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=SnA-DwAAQBAJ
Vitasari, U. N., Ermawati, D., & Amaliyah, F. (2025). Model Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Matematika (AL Khawarizmi), 5(1). https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i1.3137
Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan Ipa Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.54
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v11i1.11813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

