PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS VIII SMP CINTA RAKYAT 3 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahsana, M. G. K., Cahyono, A. N., & Prabowo, A. (2019). Desain Web-apps-based Student Worksheet dengan Pendekatan Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(2021), 344–352. https://journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/prisma/
Akbar, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 1. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1386
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (p. 412). Rineka Cipta. https://www.scribd.com/document/756557803/Suharsimi-Arikunto-Prosedur-Penelitian
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/ t.v6i1.20569
Dewi, J. P., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Pada Materi Pengukuran Kelas IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 3275–3285. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas /article/view/12678/5605
Hendracipta, N. (2021). Model-Model Pembelajaran. 1–15. https://eprints.untirta. ac.id/5468/1/Buku Ajar Model Pembelajaran 2021 %282%29.pdf
Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2257–2262. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188. https://doi.org/10.32938/ jpm.v4i2.3592
Lestary, A., Sidabutar, R., & Tambunan, L. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Satrya Budi Karang Rejo. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 125–132. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3282
M. Gunawan Supiarmo, Turmudi, & Elly Susanti. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Numeracy, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378
Maharani, S., Nusantara, T., Rahman Asari, A., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21 Critical thinking View project Teaching for Critical Thinking View project. In … : Katalog Dalam Terbitan … (Issue January 2021). https://www.researchgate.net /publication/347646698
Perdana, C. P., Suryanti, S., & Mulyono, M. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Komputasional MatematisMelalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 199. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6504
Pratiwi, G. lestari, & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematik Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. 08(01), 376–378. https://journal. stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/302/253
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Refitaningsih, R., & Ria, P. (2023). Asesmen Computational Thinking di Pendidikan Matematika: Analisis Bibliometrik Menggunakan Vosviewer. EPUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 27–38. http://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/66%0Ahttp://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/download/66/43
Sanjaya, E. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Shes: Conference Series, 4(5), 1–23. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/66354
Septiana, I. T., Wijayanti, O., & Muslim, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.31949/jee.v2i2.1513
Sidabutar, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Microsoft Frontpage dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X SMA. 5(1), 17–22. https://www.neliti. com/publications/585975/pengaruh-model-pembelajaran-problem-based-learning-menggunakan-media-microsoft-f
Simanjuntak, P. A., Simamora, R., & Tambunan, L. O. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 5259–5342.
Siti Haniifah, & Esti Ambar Nugraheni. (2024). Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMPN 226 Jakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 188–202. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6621
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Sutopo (Ed.), ALFABETA (Kedua, Vol. 11, Issue 1). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789 /80788
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815
Syahputra, W. I., & Sinaga, B. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 1–26.
Tamiza. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 15(1), 37–48. https://repository.uinjkt.ac.id/ dspace/handle/123456789/80788
Widodo Setiyo, W. (2014). Implementasi Model Project-Based Learning ( Pjbl ) Dalam Pembelajaran Sains Untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik Sebagai Bekal Dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Scientific Learning Dalam Konten Dan Konteks Kurikulum 2013, July, 1–13.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v5i3.896
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v11i1.11926
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)


