PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 79 PAREPARE

Zaid Zainal, St. Maryam. M

Abstract


Abstrak. Masalah ini menelaah Model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan proses belajar pada mata pelajaran matemmatika tentang satuan waktu di kelas II SD Negeri 79 Parepare. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran matematika tentang satuan waktu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe example non example dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (pendekatan kualitatif). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas II berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 22 siswa  laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis interaktif. Pada siklus I hasil tes belajar matematika siswa berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II hasil tes belajar matematika siswa telah berada pada kategori Baik (B). Aktifitas guru dan aktifitas siswa juga meningkat pada setiap siklusnya. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 79 Parepare

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example, Hasil Belajar

 

Abstract. This problem examines about Cooperative Learning Model Type Example Non Example. Formulation of the problem in this research that is how to apply cooperative learning model type Example Non Example to improving the learning process on the math subjects about unit of time in class II SD Negeri 79 Parepare. What is the application  cooperative learning model type Example Non Example on the math subjects about unit of time can to improve the students learning outcomes. This research aims to find out how to apply cooperative learning model type Example Non Example to improve the students learning outcomes. This research type is a classroom action research (qualitative approach). Subject in this research is student class II a total of 32 students consisting of 10 female student and 22 male student. Data collection techniques used are observation, test, and documentation.. Data analysis techniques used are interactive analysis. In the first cycle the result of the student’s mathematics learning test were in the sufficient category. In the second cycle the result of the student’s mathematics learning test were in the good category. Teacher activity and student activity also increases in each cycle. The conclusion is that this study shows that by application cooperative learning model type Example Non Example to improve the mathematics learning process and result of class II SD Negeri 79 Parepare.

 

Keywords: Cooperative Learning Model Type Example Non Example, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad. 2018. Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamzah, Ali, dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta:

Rajawali Pers.

Maryam, ST. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa

Kelas V SD Negeri 1Pinrang.(Online). Vol.2 (2): 114. Jurnal Publikasi Pendidikan. ojs.unm.ac.id. (diakses 2 Maret 2019)

Muliawan, Jasa Ungguh. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler : Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Thn 2005. Pasal 1 Ayat 2, 3 dan Pasal 7 Ayat 3 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pusitaningsih, Ari. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example terhadap prestasi belajar matematika. (Online). Jurnal.Ustjogja.ac.id. (diakses pada 3 Maret 2019).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta : Bumi

Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.