UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) MENGGUNAKAN PEMECAHAN SOAL BERKONTEKS CERITA RAKYAT SUMUT DI KELAS V SD

Arie Candra Panjaitan, Suvriadi Panggabean

Abstract


Abstract

Research conducted on the class V students of SD by applying the model Team Games Tournament (TGT) which contextual folklore of North Sumatra in the sub subject of integer operations. This research aims to improve students' motivation to learn mathematics class V Field Elementary School.

This research is an action research and the analyzed data are quantitative data and qualitative data. The results showed differences in learning motivation of fifth grade elementary school students using the Team Games Tournament (TGT) model in learning integers from low to high. The results showed an increase in students' mathematics learning activities

 

Keywords: folklore contextual problem solving, Team Games Tournament (TGT)

 

Abstrak. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V SD dengan menerapkan model Team Games Turnamen (TGT) yang berkonteks cerita rakyat Sumatera Utara pada sub pokok bahasan operasi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dan data yang dianalisa adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD mengunakan model Team Games Turnamen (TGT) dalam pembelajaran bilangan bulat dari tergolong rendah menjadi  tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa.

 

Kata kunci : Pemecahan soal berkonteks cerita rakyat, Team Games Turnamen (TGT)


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Mengajar, Penerbit Rineka Citra, Jakarta.

Anita, Lie, (2002), Memperaktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta

Arikunto, S., (2000), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Armanto, Dian., (2009), Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD/MI

Berbasis Kompetensi dan Berkonteks Cerita Rakyat Sumatera Utara,

Makalah, Unversitas Negeri Medan

Hamalik, O., (2001), Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Hasratuddin, (2004), Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran, FMIPA, UNIMED, Medan

(http//id.wikipedia.go.id : 2009) Ceruta Rakyat dari Sumatera Utara terdapat kisah Kerbau Ajaib, dan sebagainya

Sardiman, A.M. (2006), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pres, Jakarta.

Slavin, R.E, (1995), Cooperatif Learning Reseach and Praktice. Second Edition. Masschusetts, Allyn and Publishe.,

Sudono, Anggani., (2000), Sumber Belajar dan Alat Permainan, Grasindo, Jakarta.

Syah, M.,, (2002), Psikologi Belajar, Rajawali Press, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.