UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN JENIS-JENIS BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH SD NEGERI 067250 MEDAN DELI
Abstract
Abstrak. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan Prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Matematika . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas di Kelas VI.A SD Negeri Nomor 067250 Kecamatan Medan DeliT.A 2018/2019.
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa di Kelas SD Negeri Nomor 067250 Kecamatan Medan Deli T.A 2018/2019 yang berjumlah 40 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan Prestasi observasi yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamtan dan refleksi. Dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan dilaksanakan 2 x 40 menit. Alat pengumpul data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan tes.Observasi digunakan untuk mengetahui aktifitas siswa dengan rencana yang telah disiapkan. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam asfek kognitif, atau tingkat penguasaan materi pelajaran.
Berdasarkan dari Prestasi belajar siswa pada tes awal dengan nilai rata rata 52, 81 dengan ketuntasan klasikal 21,81%. Pada pertemuan Siklus I rata-rata 64,68 dengan ketuntasan klasikal 37,5%, sedangkan pada Siklus II rata-rata 86,56 dengan ketutasan klasikalnya mencapai 90,62% . Maka dapat kita lihat bahwasannya Prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas pada mata pelajaran matematika di Kelas VI.A SD Negeri Nomor 067250 Kecamatan Medan DeliT.A 2018/2019 .
Dari Prestasi penelitian di atas dapat disimpulkan dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika Kelas Kelas VI.A SD Negeri Nomor 067250 Kecamatan Medan Deli T.A 2018/2019.
Kata Kunci: Upaya meningkatkan prestasi belajar, jenis-jenis bangun ruang, metode ceramah
Abstract. The problem examined in this study is to improve student learning achievement by using lecture methods in Mathematics subjects. This study aims to improve student achievement in mathematics by using the lecture method and assignments in Class VI.A Public Elementary School Number 067250 Medan DeliT.A 2018/2019.
The subjects in this study were students in the Public Elementary Class Number 067250 Medan Deli T.A 2018/2019 District, totaling 40 students. Determination of research subjects obtained based on the achievement of observations made by researchers. This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in 2 cycles and 4 stages, namely: planning, implementation, observation
and reflection. Where each cycle is carried out two meetings and each meeting is held 2x 40 minutes. Data collection tool used in this study is observation and tests. Observation is used to determine student activities with plans that have been prepared. The test is used to measure students' abilities in cognitive asfect, or the level of mastery of subject matter.
Based on student achievement on the initial test with an average value of 52, 81 with a classical completeness of 21.81%. At the Cycle I meeting an average of 64.68 with a classical completeness of 37.5%, while in Cycle II an average of 86.56 with a classical completeness reached 90.62%. Then we can see that student achievement can be improved by using the lecture method and assignments to mathematics subjects in Class VI.A Public Elementary School Number 067250 Medan Deli T.A 2018/2019 District.
From the above research achievement, it can be concluded using the lecture method and assignments can improve learning achievement in Mathematics in Class VI.A Grade SD Negeri 067250 Medan Deli T.A Subdistrict 2018/2019.
Keywords: Efforts to improve learning achievement, types of building space, lecture method.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad (2004). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Aglesindo
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azies, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Dewi, Rosmala. 2010. Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Dharma.
Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Munif. 2008. Bahasa: Pengertian, Karakteristik, dan Fungsinya. (Slide Presentasi).Pannen, Paulina dkk. 2001. Mengajar di Perguruan Tinggi: Konstrukktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Pateda, Mansoer. 1991. Linguistik Terapan. Ende-Flores: Nusa Indah.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sinaga, 2012. Pedoman Pembimbing dan Penulisan Skripsi” Medan : Universitas Negeri Medan
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. 1987. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tim Penulis, 2012. Kompilasi Penelitian Tindakan Kelas” Medan : Universitas Negeri Medan
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2548
Refbacks
- There are currently no refbacks.