PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Theresia Monika Siahaan

Abstract


Abstrak. LKS yang digunakan di sekolah masih berupa rumus yang belum menekankan pada konsep matematika dan usaha peserta didik untuk mengkonstruk sendiri akan materi juga masih minim. Dalam kehidupan sehari–hari banyak permasalahan yang dapat kita gunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang memenuhi syarat valid, reliabel, efektif dan efisien sehingga baik digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D-1 (tanpa menggunakan tahapan disseminate). Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematics education telah memenuhi kriteria penting dalam penelitian pengembangan, yaitu valid, reliabel, efektif dan efisien. Validnya LKS ditunjukkan oleh penilaian yang diberikan validator terhadap aspek format, bahasa yang digunakan, serta isi materi yang dikembangkan. Reliabelnya LKS ditunjukkan oleh kesesuaian penilaian yang diberikan validator terhadap isi materi yang dikembangkan. Adapun efektifitas penggunaan LKS ditunjukkan oleh positifnya respon siswa terhadap komponen dan proses penggunaan LKS yang melebihi 80%. Efisiensi penggunaan LKS ditunjukkan oleh besarnya persentasi ketuntasan belajar siswa yang melebihi syarat minimum ketuntasan belajar klasikal. 

Kata Kunci: lembar kerja siswa, penelitian pengembangan, realistic mathematics education.

 

Abstract. Student worksheets used in schools are still formulas that have not emphasized the mathematical concept, and the business of learners to self-construct the material is still minimal. In daily life, many problems that we can use in the learning process. Therefore, this research aims to produce valid, reliable, effective and efficient student worksheets that are both used in the learning process. This research is development research using 4D-1 development model (without using disseminate stage). Overall, it can conclude that the development of a student worksheet based on a realistic mathematics education approach has fulfilled the essential criteria in development research, i.e. valid, reliable, effective and efficient. The validity of student worksheets indicated by the assessment of the form, language used, or content of the materials. The reliability of the student worksheets demonstrated by conformity assessment given the validator to the content of the developed material. The effectiveness of student worksheets demonstrated by the positive response of students to the components and processes exceeding 80%. The efficiency of the use of student worksheets demonstrated by the magnitude of student learning, which exceeds the minimum requirement of classical learning. 

Keywords: Student worksheets, development research, realistic mathematics education.

 


Full Text:

PDF

References


Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Universitas Negeri Semarang, (1): 88-89

Fatimah, A.E., & Purba, A. (2018). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Menggunakan Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 4, No. 1. Oktober 2018

Muzamiroh, M. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013: Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press

Sari, Z.A. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME Untuk Memfasilitasi Kemampuan Reprenitasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Formatif 7(1), 66-74.

Sembiring, M.B. (2016). Penerapan Pembelajaran Persamaan Diferensial Dengan Menggunakan Model Kooperatif Numbered Heads Together Dan Teams Games Tournament. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 1, No. 2. Oktober 2016

Simanjuntak, S.D., & Imelda. (2018). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Budaya Batak Toba. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 4, No. 1. Oktober 2018

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3 (2), 115-122.

Syahlan. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Otentik Berbasis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA/MA. Tesis (tidak diterbitkan). Medan: Universitas Negeri Medan.

Syahlan. (2016). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 7 Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 1, No. 2. Oktober 2016

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University Of Minnesota.

Wahyuni, F. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 3 Sunggal. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 2, No. 2. April 2017

Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: P4TK-Matematika

Yusimarliah, E. (2015). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1 (1), 1–15




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.