Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Mengetahuin Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa

Muhammad Fery Prayoga, Desi Safitri, Fauzi Fahmi, Muhammad Hayyanul Damanik

Abstract


Abstrak. Pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika bahkan proses pemecahan masalah matematika merupakan jantungnya matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) sebab kelas yang digunakan telah terbentuk sebelumnya. 1) Adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengansiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang. 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Koopertif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Koopertif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada materi turunan fungsi aljabar kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

 

Abstract. Mathematical problem solving is one of the important goals in learning mathematics even the process of solving math problems is at the heart of mathematics. This research is an experimental research with the type of research is quasi-experimental (quasi-experimental) because the class used has been formed beforehand. 1) There is a difference in the mathematical problem solving abilities of students who are taught using the STAD cooperative learning model with students who are taught using the Expository learning model in the derivative material of algebraic functions in class XI SMA Negeri 1 Secanggang. 2) There is a difference in the learning motivation of students who are taught using the STAD Coopertive learning model with students who are taught using the Expository learning model on the derivative material of algebraic functions in class XI SMA Negeri 1 Secanggang. 3) There are differences in mathematical problem solving abilities and student learning motivation who are taught using the STAD Coopertive learning model with students who are taught using the Expository learning model in the derivative material of algebraic functions in class XI SMA Negeri 1 Secanggang

 

Keywords: Cooperative Learning Model, Student Teams Achievement Division (STAD), Problem Solving Ability, Learning Motivation, Mathematics Learning

Full Text:

PDF

References


Ali Hamzah, M dan Muhlisarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Raja Grapindo Persada.

Bungin, Burhan. (2009). Metodologi Penelitian Kuanttatif : Komunikasi,Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta : Prenada Media Group.

B. Uno, Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannnya. Jakarta : Bumi Aksara.

Donni Juni Priansa. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. (CV Pustaka). Bandung.

Handayani, Kartika. (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Semnastikaunimed.

Hayati, Sri. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang : Graha Cendekia.

Ibnu Badar Al-Tabany, Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Hefni Lidia Lubis. 2015. Pengaruh pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan. (Medan,Tesis UNIMED)

Jaya, Indra. (2018). Penerapan Statistika untuk Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

Mudlofir Ali. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Nina Fadilah. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK PAB Saentis melalui Model Pembelajaran Problem Solving. (Medan : Tesis UNIMED)

Utama Olpado Subaru, Yeni Heryani, (2017). Korelasi antara motivasi belajar dengan kemampuan masalah matematik peserta didik menggunakan model problem based learning (PBL). (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika).Vol. 3,No. 1

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan , dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Wahyuddin. (2016). ” Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, Dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo”. Jurnal Daya Matematis, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v6i2.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.