PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRODUKTIF TATA BUSANA (DASAR POLA) MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS X-1 JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 10 MEDAN

Erlina Rangkuti

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X-1 Jurusan Tata Busana SMKN 10 Medan tahun pelajaran 2018-2019 didasarkan atas pengamatan rendahnya hasil belajar produktif tata busana (dasar pola) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Tindakan yang dilakukan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Instrumen yang digunakan adalah berupa lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen pengamatan aktivitas guru, serta nilai hasil evaluasi setiap selesai pertemuan. Nilai data yang diperoleh menjadi bahan refleksi untuk dilakukan di siklus berikutnya. Ketika dilakukan refleksi awal hasil belajar siswa sekitar 57,75 (sangat kurang). Pada siklus Irata-rata hasil belajar siswa 74,3 (cukup), pada siklus II  80,0 (cukup), dan pada siklus III menjadi 83,1 (tinggi) sehingga disimpulkan bahwa penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar produktif tata busana (dasar pola) di kelas X-1 jurusan Tata Busana SMKN 10 Medan


Full Text:

PDF

References


Abruscaro, J. (1999). Teaching Children Science. A Discovery Approach. New York: Allyn and Bacon

Arends, R.I. (2008). Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar). Fourth Edition. Boston. The McGraw-Hill Company. Inc.

Dahar, R.W. (1991). Teori-teori Belajar. Bandung : Erlangga

Dick & Carey. (1996). The systematic Design of Instruction. New York : Longman.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Ibrahim, M., Nur, M., Rahmadiarti dan Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.3127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.