Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self Efficacy Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Anggi Anatasia Kinanti, Firmansyah Firmansyah, Herman Mawengkang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan self efficacy siswa terhadap materi pokok Lingkaran sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan contextual teaching and learning (CTL) dikelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 315 orang. Dari populasi ini ditetapkan 70 siswa sebagai sampel yakni kelas VIII-5 dan VIII-6. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes yang digunakan adalah pretes dan posttes pada meteri pokok Lingkaran masing-masing 5 soal untuk mengukur kemampuan komunikasi menggunakan angket untuk mengukur kemampuan self efficacy. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Nilai gain diperoleh dari rumus Meltzer dengan hasil : untuk kelas eksperimen 1 nilai gain minimum = 0,32 dan maksimum = 0,96, sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai gain minimum = 0,16 dan maksimum = 0,63. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan komunikasi siswa antara yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan contextual teaching and learning (CTL), (2) terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan komunikasi dan sefl efficacy siswa pada level pengetahuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan level pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan self efficacy.

Full Text:

PDF

References


Andres. (2008). Keunggulan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hamzah. (2010). Teori Motivasi. Jakarta: Bumi Angkasa

Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ulwan MN. Uji Normalitas dengan menggunakan SPSS (Normality Test) [Internet]. Portal Statistik Blog Belajar Analisis Data. 2014 [cited 2016 Jun 15]. p. 1–7. Available from: http;//www.portal-statistik.com/2014/ 02/uji-normalitas-dengan-menggunakan-spss.html

Raharjo S. Cara Melakukan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS [Internet]. SPSS Indonesia, Olah Data Statistik dengan SPSS. 2014 [cited 2016 Jun 15]. Available from: http:// www.spssindonesia.com/2014/01/uji-normalitas-kolmogorov-smirnovspss.html




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v6i2.3706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.