ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PELAYANAN TELLER BANK SUMUT KANTOR CABANG BINJAI

Fitria Khairani, Parapat Gultom

Abstract


Permasalahan yang terjadi pada Bank Sumut Kantor Cabang Binjai yaitu terjadinya teller menganggur pada saat tertentu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis ukuran kinerja sistem antrian pada teller dan menentukan jumlah teller yang optimum. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan menggunakan metode teori antrian. Selama 5 (lima) hari dilakukan penelitian untuk mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan secara langsung pada sistem antrian di teller Bank Sumut Kantor Cabang Binjai yaitu pada tanggal 28 Januari 2022 – 4 Februari 2022 mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Struktur antrian yang digunakan Bank Sumut Kantor Cabang Binjai yaitu Multi Channel-Single Phase. Dari hasil uji distribusi  diperoleh  waktu  datangnya nasabah berdistribusi  Poisson  dan  waktu  nasabah dilayani berdistribusi General atau umum. Terdapat 3 teller dengan menerapkan disiplin antrian First Come First Served. Model antrian yang terjadi pada teller adalah (M/G/3):(FCFS/∞/∞). Hasil perhitungan ukuran kinerja sistem dengan 3 teller diperoleh probabilitas teller menganggur sebesar 24,05%. Jumlah teller yang optimal yaitu dengan mengurangi jumlah teller dari 3 teller menjadi 2 teller.  Berdasarkan hasil perhitungan dengan 2 teller dapat mengurangi probabilitas teller mengganggur menjadi 18,14%.

Keywords


Bank; Multi Channel Single Phase; Sistem Antrian; Teller

References


Kakiay, T. J. (2004) Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi.

Noor, C. M. (2017) Memberikan Pelayanan Prima Nasabah Bank Umum & BPR Seri Manajemen Perbankan. Bandung: Bandung: Quantum Expert.

Putri, W. S. and Ahmad, D. (2020) ‘Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller Bank BNI Kantor Cabang Pembantu Air Tawar’, Journal of Mathematics UNP, 3(1), pp. 90–94.

Richard, B. (1993) Teori dan Soal-Soal Operation Research. Jakarta: PT. Gelora AKsara Pratama.

Trianah, L. and Avianti, I. (2016) ‘Analisis Sistem Antrian Pada KCP Bank BRI Meester Jatinegara Jakarta Timur’, Jurnal Stei Ekonomi, 25(01), pp. 137–152.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i1.5990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.