EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP PAB 7 MANUNGGAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahyan, S., & Endriana, N. (2014). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis mahasiswa melalui problem based learning. Jurnal educatiO, 9(2).
Ansori, H., & Sari, E. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2287
Aprillia, U. D., Syahlan, & Hasratuddin. (2020). Pengaruh contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa SMA Negeri 04 Tebing Tinggi. MAJU: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Dewi, I. (2014). Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktika, 1(2).
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925
Handayani, C., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memberikan Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(4), 6.
Ikramuna, D., Duskri, M., & Susanti. (2021). Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intelectual) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1).
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Khoirunnisa, A., & Rosyidi, A. H. (2013). Kemampuan komunikasi siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pembelajaran dengan pendekatan AIR materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP. Mathedunesa, 2(2).
Kinanti, A. A., Firmansyah, & Mawengkang, H. (2021). Perbedaan kemampuan komunikasi dan self efficacy siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan contextual teaching and learning. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(2).
Kurniawan, D., Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239–248. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.378
Manik, Y. V., Tambunan, L. O., & Purba, Y. O. (2022). Pengaruh model pembelajaran connected mathematics project terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Negeri 9 Pematangsiantar T.A 2022/2023. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 8(1).
Meilani, I., Retnaningrum, E., & Irmawan. (2018). Penerapan metode IMPROVE untuk meningkatkan kemampua komunikasi matematis siswa SMP. Intermathzo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2).
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.
Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Edukasi, 5(1).
Syahlan. (2017). Sepuluh strategi dalam pemecahan masalah matematika [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/6qfpm
Thalhah, S. Z. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan problem posing pada siswa kelas X-6 MAN PINRANG. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1).
Wardhana, I. R., & Lutfianto, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i2.6743
Refbacks
- There are currently no refbacks.