Pengembangan e-Modul Trigonometri Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Marojahan Panjaitan, Ade Novita Sari Harahap, Michael Christian Simanullang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan produk e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf  yang bersifat valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu kepada model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PMIA 4 SMA Negeri 4 Pematangsiantar yang berjumlah 36 siswa.  Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan dalam kategori valid dengan rata-rata penilaian ahli sebesar 3,79; (2) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan telah memenuhi kategori praktis ditinjau dari persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,4%, rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran 3,71 serta persentase angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul sebesar 86,4%; (3) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan memenuhi kategori efektif ditinjau dari persentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Berdasarkan  analisis hasil penelitian diperoleh skor nilai N-gain sebesar 0,71, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah digunakannya e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf  dengan kategori tinggi.


Keywords


e-Modul; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis.

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siwa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45-53.

Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8, 1-9.

Akker, J. v., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieveen , N., & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training . Berlin: Springer Science Business Media.

Aprilia, A., Yudiyanto, & Hakim, N. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. JET: Journal of Education and Teaching, 3(1), 116-127.

Arief, D. S., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 323-328). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Blake, N., Smeyers, P., Smith , R., & Standish, P. (2003). The Blackwell Guide to the Philosophy of Education. New York: Blackwell Publishing.

Carneiro, R., & Draxler, A. (2008). Education for the 21st Century: lessons and challenges. European Journal of Education, 43(2), 149-160.

Daryanto, & Karim , S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fadhilah, L. N., & Sulistyowati, H. (2022). Keefektifan dan Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar e-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate. Jurnal Pendidikan Tambusai 4, 6(1), 4014-4024.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional“Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII”. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338-345.

Nikita, P. M., Leksmono, A. D., & Harijanto, A. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 175-180.

Nizaar, M., Haifaturrahman, Abdillah, Sari, N., & Sirajuddin. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6150-6157.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Depdiknas.

Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138-146.

Putri, F. M., Darmawijoyo, & Susanti, E. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI APOS. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 6(1), 859-873.

Sadikin, R. L., & Muhammad, G. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dengan Model Brain Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas). Triple S, Journals of Mathematics Education, 1(1), 15-28.

Salas-Pilco, S. Z. (2013). Evolution of the framework for 21st century competencies. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 5(1), 10-24.

Samura, A. O. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.

Sari , N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP. Jurnal Elementary, 1(1), 5-10.

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika,, 14(1), 12-22.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42 .

Sugihartini, N., & Jayanta , N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 221-230.

Suharyat, Y., Santosa , T. A., Zulysuri, Suhami, & Gunawan, R. G. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajara IPA Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 5069-5076.

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1-9.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.7825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.