PERBANDINGAN WAKTU TUNGGU OPTIMAL KENDARAAN PADA DUA PERSIMPANGAN JALAN MENGGUNAKAN TEORI GRAF

Hasrin Lamote, Hasbiah Demmatadju

Abstract


Dua arus lalu lintas dikatakan kompatibel apabila kedua arus tersebut dapat berjalan bersamaan dengan aman atau tidak adanya perpotongan jalur. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil perhitungan waktu tunggu total optimal dengan menggunakan graf kompatibel di dua persimpangan yaitu simpang empat yang berada di antara dinas pendidikan Sultra dan TK Kuncup Pertiwi dengan simpang empat di antara taman Kota Kendari dan Kantor Kearsipan Perpustakaan Sulawesi Tenggara. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa waktu tunggu total dengan menggunakan graf kompatibel pada simpang empat yang berada di antara depan dinas pendidikan Sultra dan TK Kuncup Pertiwi lebih optimal yaitu hanya 150 detik dibandingkan dengan persimpangan antara taman Kota Kendari dan Kantor Kearsipan Perpustakaan Sulawesi Tenggara yaitu 180 detik. Namun demikian, berdasarkan hasil hitung dengan menggunakan graf kompatibel diperoleh hasil yang sebaliknya.


Keywords


graf kompatibel, waktu tunggu, simpang empat, lampu lalu lintas

References


Apriyono T., & Rumlus D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mengakibatkan Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Budi Utomo Dan Jalan Hasannudin Di Kota Timika. Jurnal Kritis, 5, 96–114. https://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/179

Baruah, A. K., & Baruah, N. (2012). Signal Group of Compatible Graph in Traffic Control Problems. Int. J. Advanced Networking and Applications, 4(1), 1473–1480.

Budayasa I.K. (2007). Teori graf dan Aplikaisnya (1st ed.). Unesa University Press.

Farida, Y., Fanani, A., Purwanti, I., Wulandari, L., & Zaen, N. J. (2020). Pemodelan Arus Lalu Lintas dan Waktu Tunggu Total Optimal Di Persimpangan Jl. Jemur Andayani – Ahmad Yani Sebagai Upaya Mengurai Kemacetan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 389–398. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp389-398

Furqon, S., Santoso, I., & Adi Soetrisno, Y. A. (2020). Perancangan Sistem Pengontrolan Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Tingkat Kepadatan Kendaraan Menggunakan Metode Fuzzy. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 9(1), 88–96. https://doi.org/10.14710/transient.v9i1.88-96

Jonathan L Gross, Jay Yellen, & Mark Anderson. (2018). Graph Theory and its Applications (3rd Editions). Chapman and Hall/CRC.

Khoirotun Nisa, A., & Muzdalifah, L. (2021). Optimasi Waktu Tunggu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan. 03(01), 1–5. http://journal.unirow.ac.id/index.php/mv

Miftahurrahman. (2016). Aplikasi Teori Graf dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas (Disertasi tidak dipublikasi). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Mustikarani W., & Suherdiyanto. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Sepanjang Jalan H Rais A Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak. Edukasi:Jurnal Pendidikan, 14, 143–155. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/292

PalSingh, R., & Vandana, V. (2014). Application of Graph Theory in Computer Science and Engineering. International Journal of Computer Applications, 104(1), 10–13. https://doi.org/10.5120/18165-9025

Ruth, G., Semuel, H., Rompis, Y. R., & Rumayar, A. L. E. (2019). Dampak Pusat Perbelanjaan Terhadap Sistem Kinerja Simpang (Studi Kasus : Giant Ekstra Kairagi, Manado). Jurnal Sipil Statik, 7(8), 905–912. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jss/article/download/24454/24130




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.7906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.