PENERAPAN METODE CUT OFF POINT DAN FUZZY SERTA TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE OF SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION PADA PENENTUAN SMARTPHONE TERBAIK: Studi Kasus Pada Mahasiswa Matematika Universitas Sumatera Utara

Riris Regita Cahyani Siagian, Normalina Napitupulu, Parapat Gultom, Muhammad Romi Syahputra

Abstract


Indonesia saat ini berada pada urutan keempat dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak di dunia. Beberapa masalah yg sering muncul salah satunya dalam hal pemilihan smartphone terbaik. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa Matematika Universitas Sumatera Utara dengan jumlah 100 responden. Metode yang digunakan adalah Cut Off Point untuk menyeleksi kriteria sehingga dihasilkan tujuh dari dua belas kriteria menggunakan hasil nilai Natural Cut Off Point sebesar 2,375. Setiap kriteria terpilih di representasikan menggunakan representasi Fuzzy Linear dan Fuzzy Linguistik. Proses seleksi melalui penerapan metode TOPSIS, membutuhkan nilai pembobotan kriteria berdasarkan pengisian kuesioner. Metode TOPSIS menggunakan nilai kecocokan antara kriteria dan alternatif untuk membangun matriks keputusan. Nilai kecocokan diperoleh dari hasil representasi Fuzzy sebelumnya. Berdasarkan hasil perhitungan TOPSIS, diperoleh alternatif terbaik hingga terendah adalah alternatif (Oppo Reno 8T) dengan nilai preferensi 0,874, (Vivo V27e) dengan nilai preferensi 0,823,  (Redmi Note 12 Pro 5G) dengan nilai preferensi 0,745,  (Realme 10 Pro 5G) dengan nilai preferensi 0,276, dan yang terakhir  (Samsung Galaxy A34 5G) dengan nilai preferensi 0,204. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kriteria Kapasitas Penyimpanan merupakan kriteria tertinggi dengan nilai rata-rata 2,93.

Keywords


Cut Off Point, Representasi Fuzzy, Smartphone, TOPSIS

References


Abadi, S. (2017). Aljabar Linear, Matriks dan Vektor (Edisi Pertama). Matematika.

Handayani, A. S., & Wibowo, A. (2021). Analisis Pengaruh Pemilihan Jumlah Variabel Linguistik Membership Function pada Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW) untuk Perankingan Penerimaan Beasiswa Bagi Siswa Kurang Mampu (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Petompon 02 Semarang). Masyarakat Informatika, 12(1), 22.

Handoyo, S., & Prasojo, A. P. S. (2017). Sistem Fuzzy Terapan dengan Software R (T. UB Press, Ed.). UB Press.

Ilmadi, & Muskananfila, D. N. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Merk Smartphone Android Terbaik Dikalangan Mahasiswa Universitas Pamulang Dengan Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Saintika Unpam, 2(1), 59–75.

Kristiana, T. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Lokasi Pendirian Grosir Pulsa. Paradigma, XX(1), 9–12.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM) (Edisi Pertama). Graha Ilmu.

Tam, M. C. Y. (1996). An Application of the AHP in Vendor Selection of a Telecommunications System. University of Hong Kong.

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami MATEMATIKA EKONOMI LANJUTAN (Edisi Kedua). Keraras Emas.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.8061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.