PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL (E-MODUL) BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS

Rusi Ulfa Hasanah

Abstract


Mahasiswa calon guru matematika harus memiliki kemampuan pembuktian matematis. Namun kemampuan pembuktian matematis mahasiswa belum memuaskan sehingga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kemanjuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis teknologi digital berorientasi pada kemampuan pembuktian matematis mata kuliah Analisis Real Lanjut yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Instrumen angket yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Instrumen tes yang digunakan adalah soal tes kemampuan pembuktian matematis materi limit. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk hasil penelitian ini adalah modul berbasis teknologi digital yang berorientasi pada kemampuan pembuktian matematis. Hasil penelitian menunjukan skor kevalidan modul berbasis teknologi digital oleh ahli materi memiliki skor 4,38 (sangat valid), oleh ahli media memiliki skor 4,21 (sangat valid), dan oleh ahli bahasa memiliki skor 4,27 (sangat valid).  Hasil uji kepraktisan pada saat uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 4,22 (sangat praktis) dan uji coba kelompok besar menunjukkan skor 4,08 (sangat praktis). Hasil uji keefektifan menunjukkan rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 77,48%.

Keywords


Penelitian Pengembangan; Modul Digital; Pembuktian Matematis

References


Aisyah, R. S. S., Solfarina, S., & Yuliantika, U. (2021). Pengembangan e-modul berbasis pemecahan masalah pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit (ELNOEL). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715

Astalini, Darmaji, Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of using e-module and e-assessment. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(9), 21–39. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.11016

Bao, W. (2020). COVID‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438

Fitriani, F., & Siahaan, M. M. L. (2022). Deskripsi kemampuan pembuktian langsung mahasiswa pada matakuliah analisis variabel riil. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 112–121.

Hodiyanto, H., & Susiaty, U. D. (2018). Peningkatan kemampuan pembuktian matematis melalui model pembelajaran problem posing. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 128–137. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan e-modul matematika berbasis realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/490

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Refika Aditama.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Concil of Teacher of Mathematics. https://www.rainierchristian.org/NCTM_principles-and-standards-for-school-mathematics.pdf

Nurrahmah, A., & Karim, A. (2018). Analisis kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah teori bilangan. JURNAL E-DuMath, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.26638/je.753.2064

Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp81-90

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas X desain komunikasi visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931

Purnamasari, N., Siswanto, S., & Malik, S. (2020). E-module as an emergency-innovated learning source during the Covid-19 outbreak. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33292/petier.v3i1.53

Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas e-modul analisis real pada program studi pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31–40. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554

Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236

Situmorang, M., Yustina, Y., & Syafii, W. (2020). E-module development using kvisoft flipbook maker through the problem based learning model to increase learning motivation. Journal of Educational Sciences, 4(4), 834–848. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.834-848

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 37–48.

Trilestari, K., & Almunawaroh, N. F. (2020). E-Module as a solution for young learners to study at home. 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020) E-Module, 513, 364–369. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.132

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Hodds, M. (2014). Improving proof comprehension in undergraduate mathematics. Loughborough University.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto. 2018. Mendesain model pembelajaran inovatif – progresif. Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.8128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.