PENERAPAN MODEL PQ4R: PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECTION, RECITE, REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Elva Riana, Rika Wahyuni, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflection, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Jenis penelitan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitan yang digunakan Quasi Experimental   dengan rancangan penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent Pretest-Posttest  Control Group Design. Populasi penelitan adalah seluruh kelas VII Mts Ash-Shomadiyah Singkawang dengan jumlah total siswa 55 orang. Sampel penelitan diambil menggunakan teknik adalah  Sampling Jenuh. kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas control. Instrumen tes berupa tes essay yang telah diujicobakan, reliabilitas sebesar 0,88 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil analisis data menunjukan bahwa; 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model PQ4R dan model pembelajaran langsung sebesar  0,45 dan 0,17 degan perbedaan peingkatan   sebesar 6,60  2) Aktivitas siswa tergolong aktif setelah diterapkannya model PQ4R pada materi aritmatika sosialdi kelas VII MTs Ash-Shomadiyah Singkawang sebesar 67% tergolong tinggi. 3) Minat belajar siswa tergolong tinggi setelah diterapkannya model PQ4R pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Ash-Shomadiyah Singkawang dengan kategori sangat tinggi.


Keywords


Model PQRT; Kemampuan Matematis;Pemecahan Masalah Matematis

References


Aedi, G, W. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 3 Nomor 2 bulan September 2018 Page 41 - 46 p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, 4(2), 61-66.

Collette, A. T., & Chiapetta, E. L. (1994). Science instruction in the middle and secondary schools (3rd ed). New York: Maxwell Macmillan, Inc

Effendi, Leo, Adhar. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia

Lestari, K.E, dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama

Mariyam, M., Prihatiningtyas, N. C., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 66-73.

Mutazam, M. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 48-54.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: Reston.

Nurhayati, N., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2018). Efforts To Improve Student’s Self Confidence Using Collaborative Learning Model. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 57-62.

Putriari, Marinda Ditya (2013). Keefektivitasan Project Based Learning Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK Materi Program Linier. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Reed, S. K. (2011). Kognisi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Ridhayati. (2007). Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) Dalam Model Pembelajaran Langsung Pada Sub Pokok Bahasn Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Arosbaya Bangkalan 2006/2007. Skripsi. Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah Jakarta

Sardiman. (2014). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Siregar, Eveline dan Nara Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Bogor

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukriadi & Kurniawan. (2019). Profil Penalaran Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika TIMSS Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 4 Nomor 1 bulan Maret 2019 Page 36 - 41 p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443

Wijayanto, J. (2018). Implementasi Model Pembelajaran PQ4R dengan Pendekatan Saintifik pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 1(2).

Wondal, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Untuk Meningkatkanaktivitas Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 128-139.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v9i1.8144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.